ANALISIS SADD AZ-ZARI AH TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH BI AL-WAKALAH (STUDI KASUS PEMBIAYAAN MURABAHAH BI AL-WAKALAH TANPA PENYERAHAN KWITANSI DI UJKS AL HAMBRA KETINTANG SURABAYA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

THUFIYYAH, TUCHFATUL MA (2013) ANALISIS SADD AZ-ZARI AH TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH BI AL-WAKALAH (STUDI KASUS PEMBIAYAAN MURABAHAH BI AL-WAKALAH TANPA PENYERAHAN KWITANSI DI UJKS AL HAMBRA KETINTANG SURABAYA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul ANALISIS SADD AZ-ZARI AH TERHADAP PEMBIAYAAN MURABAHAH BI AL-WAKALAH (STUDI KASUS PEMBIAYAAN MURABAHAH BI AL-WAKALAH TANPA PENYERAHAN KWITANSI DI UJKS AL HAMBRA KETINTANG SURABAYA )
Penelitian tersebut dilakukan guna untuk menjawab pertanyaan: Bagaimana aplikasi pembiayaan murabahah bi al-wakalah tanpa penyerahan kwitansi pada UJKS AL-HAMBRA Ketintang Surabaya ? Bagaimana Analisis Sadd Az-zari ah terhadap aplikasi pembiayaan murabahah bi al-wakalah tanpa penyerahan kwitansi pada UJKS Al-HAMBRA ketintang Surabaya ?
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Yang mana hasil penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif verifikatif dengan pola pikir Induktif, pola pikir ini dipakai untuk menganalisis data aplikasi pembiayaan murabahah bi al-wakalah tanpa penyerahan kwitansi, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori sadd az-zari ah, transaksi murabahah dan wakalah kemudian diambil kesimpulan mengenai akibat pembiayaan murabahah bi al-wakalah tanpa penyerahan kwitansi, yang kemudian dinilai apakah pembiayaan murabahah bi al-wakalah tanpa penyerahan kwitansi tersebut diperbolehkan atau tidak berdasarkan teori tersebut.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembiayaan murabahah bi al-wakalah tanpa penyerahan kwitansi itu terjadi dikarenakan Unit Jasa Keuangan Syariah atau UJKS tidak mensyaratkan adanya penyerahan kwitansi setelah pembelian barang. Dengan demikian, nasabah dapat melakukan suatu celah yaitu cidera janji dalam pembiayaan. Bagi pihak Unit Jasa Keuangan Syariah atau UJKS Al Hambra diharapkan lebih waspada dalam memberikan pembiayaan murabahah bi al-wakalah. Oleh karena itu pembiayaan murabahah bi al-wakalah yang dilakukan oleh UJKS Al Hambra harus menyertakan kwitansi pembelian barang yang diajukan nasabah dalam pembiayaan.
Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka pembiayaan murabahah bi al-wakalah ditutup. Karena dalam aplikasinya pembiayaan murabahah bi al-wakalah tanpa penyerahan kwitansi banyak terjadi mafsadat yang timbul, maka dari itu perbuatan seperti ini lebih baik ditinggalkan, dari pada melakukan transaksi yang bukan syar i.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abu Dzarrin Al-Hamidy
Creators:
CreatorsEmailNIM
THUFIYYAH, TUCHFATUL MAUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? PbM ??
Keywords: Sad az Zariah; Pembiayaan; Murabahah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11238

Actions (login required)

View Item View Item