TINJAUAN SADD AL DZARI'AH TERHADAP PENGGUNAAN PUPUK KIMIA : STUDI KASUS DI DESA DADAPAN KECAMATAN SOLOKURO KABUPATEN LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihlati, Huru Ina (2013) TINJAUAN SADD AL DZARI'AH TERHADAP PENGGUNAAN PUPUK KIMIA : STUDI KASUS DI DESA DADAPAN KECAMATAN SOLOKURO KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (856kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pustaka.pdf

Download (559kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua pertanyaan pertama bagaimana dampak penggunaan pupuk kimia bagi masyarakat di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Kedua bagaimana Tinjauan Sadd az zari ah terhadap penggunaan pupuk kimia bagi masyarakat di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan .
Hasil penelitian ini dihimpun dengan menggunakan metode kualitatif yang kemudian ditelaah dengan menggunakan metode diskriptif-analitis dengan pola pokir induktif, pola pikir tersebut digunakan untuk menganalisis data yang ada dilapangan tentang praktik penggunaan pupuk kimia bagi masyarakat di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Sadd az-zari ah.
Hasil yang diperoleh dari penelitian di atas bahwa penggunaan pupuk kimia membawa dampak negatif bagi masyarakat di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Adapun dampak yang ditimbulkan diantaranya yaitu: (1). Menyebabkan iritasi pada kulit, (2). Menyebabkan keracunan dan penyakit kanker, (3). Menjadikan kandungan gizi dari tanaman tersebut berkurang dan menjadikan organisme di dalam tanah akan mati, (4). Menjadikan tanaman mudah diserang penyakit dan menyebabkan bertumbuhnya penyakit pada tubuh.
Melihat dampak yang ditimbulkan dari penggunaan pupuk kimia yang begitu berbahaya, dengan demikian jika dianalisis dengan menggunakan teori Sadd az-zari ah, maka penggunaan pupuk kimia di Desa Dadapan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan perlu dicegah karena mafsadat (bahaya) yang ditimbulkan lebih berbahaya, sehingga bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain, dalam hal ini penggunaan pupuk kimia tersebut termasuk pada kategori haram lighoiri, yaitu haram karena adanya sesuatu atau alasan tertentu dalam artian sebenarnya perbuatan itu diperbolehkan dan pada hakikatnya tidak jelek tetapi untuk kedepanya perbuatan tersebut membawa kepada kerusakan atau kejelekan maka dalam hal ini penggunaan pupuk kimia perlu dicegah.
Dari kesimpulan di atas hendaknya masyarakat apabila menggunakan pupuk kimia harus di imbangi dengan penggunaan pupuk organik agar dampak yang ditimbulkan tidak begitu besar, bagi pemerintah hendaknya meminimalisir peredaran pupuk kimia serta diharapkan pemerintah memberikan penyuluhan tentang pentingnya pupuk organik jika dibandingkan dengan pupuk kimia. bagi produsen pupuk hendaknya mengeluarkan produk pupuk yang berbahan organik, tidak hanya memproduksi pupuk kimia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H. A. Faishal Haq
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihlati, Huru InaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Sadd az zariah; penggunaan pupuk kimia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 31 Mar 2015 10:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item