ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PROTEKSI ASURANSI JIWA PADA TABUNGAN IB SIAGA BANK SYARIAH BUKOPIN : STUDI KASUS DI BANK SYARIAH BUKOPIN CABANG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfikah, Shofiatun (2013) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PROTEKSI ASURANSI JIWA PADA TABUNGAN IB SIAGA BANK SYARIAH BUKOPIN : STUDI KASUS DI BANK SYARIAH BUKOPIN CABANG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang berjudul ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PROTEKSI ASURANSI JIWA PADA TABUNGAN IB SIAGA BANK SYARIAH BUKOPIN (STUDI KASUS DI BANK SYARIAH BUKOPIN CABANG SIDOARJO) dan bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi Proteksi Asuransi Jiwa pada tabungan iB SiAga Bank Syariah Bukopin serta analisis hukum Islam terhadap proses pemberian Proteksi Asuransi Jiwa pada tabungan iB SiAga Bank Syariah Bukopin tersebut.
Data penelitian ini dihimpun melalui teknik observasi, interview, dan dokumentasi,yang selanjutnya dilakukan analisis data secara kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode yang digunakan untuk memaparkan atau menjelaskan yang terkait dengan pembahasan yang kemudian dianalisis. Setelah itu penulis melakukan analisis hukum Islam dengan menggunakan pola pikir induktif, yaitu memaparkan hal-hal yang bersifat khusus dalam asuransi syariah pada tabungan iB SiAga Bank Syariah Bukopin dan kemudian menganalisisnya terhadap hal-hal yang bersifat umum tentang asuransi dalam ketentuan Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Proteksi Asuransi Jiwa pada tabungan iB SiAga Bank Syariah Bukopin di PT Asuransi Takaful Keluarga sudah sesuai dengan syariat agama Islam, karena seluruh premi diinvestasikan secara syariah dan pengelolaanya diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Proteksi Asuransi Jiwa pada tabungan iB SiAga Bank Syariah Bukopin menurut hukum Islam diperbolehkan, karena asuransi tersebut fasilitas untuk nasabah yang bersifat sosial dan atas dasar tolong menolong, serta tidak adanya hal-hal yang membuatnya diharamkan, baik dari bentuk perjanjian, proses pemberian, maupun konsep yang diterapkan.
Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada Bank Syariah Bukopin agar lebih memperkenalkan produk-produknya kepada masyarakat khususnya umat Islam, karena masih banyak yang belum mengetahui dengan jelas produk-produk dari Bank Syariah Bukopin khususnya produk funding yaitu tabungan iB SiAga Bank Syariah Bukopin, dengan bantuan media cetak seperti: koran, majalah, tabloid, brosur atau media elektronik seperti: radio, televisi, internet, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: H.A. Faishal Haq
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfikah, ShofiatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Asuransi Jiwa
Keywords: Asuransi Jiwa; Tabungan IB Siaga; Bank Syari'ah Bukopin
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item