Analisis yuridis terhadap pembatalan putusan pengadilan tinggi agama Surabaya nomor 340 Pdt G 2010 tentang keterangan saksi dalam pembuktian perkara cerai gugat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Niyati, Mukhlishot (2013) Analisis yuridis terhadap pembatalan putusan pengadilan tinggi agama Surabaya nomor 340 Pdt G 2010 tentang keterangan saksi dalam pembuktian perkara cerai gugat. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (770kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan tentang ANALISIS YURIDIS TERHADAP PEMBATALAN PUTUSAN PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA NOMOR 340 PDT G 2010 TENTANG KETERANGAN SAKSI DALAM PEMBUKTIAN PERKARA CERAI GUGAT. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai Bagaimana pembatalan putusan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Nomor 340 Pdt G 2010 tentang keterangan saksi dalam pembuktian perkara cerai gugat ? Bagaimana analisis yuridis terhadap pembatalan putusan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya nomor 340 Pdt G 2010 tentang keterangan kesaksian dalam pembuktian perkara cerai gugat.
Data dalam penelitian ini dihimpun dari berkas perkara dan wawancara dengan hakim, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, hakim Pengadilan Tinggi Agama Surabaya membatalkan putusan Pengadilan Agama Situbondo karena empat hal yakni pertama, tidak sependapat dengan pertimbangan dan alasan alasan Pengadilan Agama Situbondo, terutama dalam hal perpecahan rumah tangga ditandai dengan perselisihan dan pertengkaran yang merujuk Pasal 19 huruf (f) Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1975 jo. Pasal 116 huruf (f) Kompilasi Hukum Islam, kedua penggugat terbanding tidak bisa membuktikan apa yang di dalilkan dalam gugatannya, ketiga hakim tidak menerapkan Pasal 22 Peraturan Pemerintah Nomor 9 1975, keempat hakim tidak menerapkan Pasal 169 HIR sehingga keterangan seorang saksi tidak dianggap sebagai pembuktian yang cukup. Bahwa Pengadilan Tinggi Agama Surabaya dalam membatalkan putusan Pengadilan Agama Situbondo sudah tepat karena pertama, menurut hakim Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, hakim Pengadilan Agama Situbondo dalam pembuktiannya hanya menggunakan satu saksi yang dianggap sebagai unus testis nullus testis sehingga hakim Pengadilan Tinggi Agama Surabaya mengatakan bahwa satu saksi tanpa didukung oleh alat bukti yang lain tidak mempunyai kekuatan pembuktian, berdasarkan analisis yuridis ini telah sesuai dengan Pasal 169 HIR dan Pasal 1905 KUH Perdata. Kedua, harusnya penggugat terbanding dapat membuktikan kebenaran gugatannya yang semuanya dibantah oleh tergugat pembanding, ketiga menurut Pengadilan Tinggi Agama Surabaya antara posita atau fakta hukum dengan keterangan saksi tidak sesuai.
Hendaknya hakim PA Situbondo dalam memeriksa, mengadili dan memutus suatu perkara lebih berhati hati dan teliti. Dan akan lebih baiknya lagi majelis hakim pengadilan merujuk kepada pendapat pakar hukum agar majelis hakim mempunyai kedalaman pemahaman, baik terhadap perkara maupun dasar hukum yang dijadikan landasan dalam memutus suatu perkara. Sehingga hakim pengadilan mempunyai sudut pandang yang luas dalam memutus suatu perkara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syamsuri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Niyati, MukhlishotUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Cerai Gugat
Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Pembatalan Putusan Pengadilan; Keterangan Saksi; Cerai Gugat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 16 Oct 2017 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11266

Actions (login required)

View Item View Item