UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE LEARNING MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV MI AL MUNIROH II UJUNGPANGKAH GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahariyyah, Nafhatus (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN COOPERATIVE LEARNING MELALUI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI ASMAUL HUSNA KELAS IV MI AL MUNIROH II UJUNGPANGKAH GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Islam, seperti Islam diajarkan lebih pada hafalan (padahal Islam penuh dengan nilai-nilai) yang harus dipraktekkan. Sehingga permasalahan yang sering dijumpai dalam pengajaran, khususnya pengajaran agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan bagian dari pembelajaran agama Islam yang mampu mengarahkan dan menghantarkan peserta didik ke fitrah yang benar. Seseorang baru bisa dikatakan memiliki kesempurnaan iman apabila dia memiliki budi pekerti/akhlak yang mulia. Agar pembelajaran akhlak dapat tertanam dalam diri siswa dengan baik, maka banyak konsep model pembelajaran aktif yang ditawarkan. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui strategi crossword puzzle diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sebab pada model pembelajaran ini keaktifan siswa lebih diutamakan. Dengan melibatkan mereka secara aktif dalam proses pembelajaran, maka siswa akan mengalami atau bahkan menemukan ilmu pengetahuan secara mandiri.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi cooperative learning melalui strategi crossword puzzle dalam meningkatkan motivasi belajar Asmaul Husna pada siswa kelas IV MI Al Muniroh II Ujungpangkah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas, yaitu siswa kelas IV MI Al Muniroh II Ujungpangkah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperaif melalui strategi crossword puzzle terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak khususnya materi Asmaul Husna pada siswa kelas IV MI Al Muniroh II Ujungpangkah. Hal ini dapat diketahui dari hasil evaluasi yang menunjukkan peningkatan pada materi Asmaul Husna yang semula nilai rata-rata pretes sebesar 64,8, pada siklus I sebesar 72,4 dan pada siklus II sebesar 78. sedangkan bukti dari data kualitatif yang menjelaskan keantusiasan siswa terhadap strategi pembelajaran tersebut, tertanamnya rasa kekeluargaan, kebersamaan, dan kesosialan yang tinggi terhadap manusia, suasana kelas menjadi lebih hidup, dan pengalaman siswa menjadi bertambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H.Ali Mudlofir,M.Ag
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahariyyah, NafhatusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
?? P_GP ??
Keywords: cooperative learning, crossword puzzle, Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2014
Last Modified: 07 Apr 2015 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11269

Actions (login required)

View Item View Item