ANALISIS YURIDIS TERHADAP PEMBATALAN PUTUSAN PENGADILAN AGAMA SIDOARJO NOMOR: 2800 PDT G 2011 PA SDA OLEH PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA NOMOR: 34 PDT G 2013 PTA SBY TENTANG PENETAPAN AHLI WARIS PENGGANTI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harisa, Ichwani (2013) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PEMBATALAN PUTUSAN PENGADILAN AGAMA SIDOARJO NOMOR: 2800 PDT G 2011 PA SDA OLEH PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA NOMOR: 34 PDT G 2013 PTA SBY TENTANG PENETAPAN AHLI WARIS PENGGANTI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan judul Analisis Yuridis terhadap Pembatalan Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 2800 Pdt G 2011 PA Sda Oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Nomor: 34 Pdt G 2013 PTA Sby tentang Penetapan Ahli Waris Pengganti. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan yaitu, apa dasar dan pertimbangan hukum putusan PA Sidoarjo No: 2800 Pdt G 2011 PA Sda, apa dasar dan pertimbangan hukum putusan PTA Surabaya No: 34 Pdt G 2013 PTA Sby dan Bagaimana Analisis Yuridis terhadap Pembatalan Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor: 2800 Pdt G 2011 PA Sda Oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Nomor: 34 Pdt G 2013 PTA Sby.
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan studi dokumenteryaitu pengumpulan data dari berkas putusan No: 1618 Pdt G 2008 PA Sda dan putusan No: 187 Pdt G 2009 PTA Sda yang selanjutnya disusun secara deskriptif untuk menggambarkan secara sistematis mengenai duduk perkara, dasar pertimbangan dan isi putusan, hasil penelitian kemudian dianalisis menurut hukum positif yang berlaku di Indonesia.
Penelitian ini berawal dari gugatan para penggugat yang merasa hak warisnya tidak mereka dapatkan sebagaimana mestinya, para penggugat adalah ahli waris pengganti dari Suwaji, ayah mereka. Pokok sengketa dalam putusan ini adalah bahwa H. Panaji H. Asyari ahli waris dari pewaris, dibantah oleh para tergugat, suwajitelah meninggal lebih dahulu dari Sargi(pewaris). Dari proses pembuktian, semua bukti menyatakan bahwapenggugat berhak atas harta waris. Dari pembuktian tersebut putusan yang dikeluarkan PA Sidoarjo menyatakan bahwa Penggugat bernasab dengan pewaris dan berhak atas harta waris. PA Sidoarjo menggunakan dasar Kompilasi Hukum Islam, sehingga para penggugat berhak atas waris. Putusan PTA Surabaya membatalkan putusan PA Sidoarjo dengan menggunakan dasar hukum yang berbeda dengan PA Sidoarjo, PTA Surabaya menggunakan dasar hukum pendapat ahli Fikih. Hakim PTA berpendapat ketika seorang cucu yang ditinggal mati orang tuanya maka akan terhijab oleh ahliwaris yang lebih dekat. Putusan PA Sidoarjo lebih tepat dengan konteks hukum Islam karenamenggunakan dasar hukum berupa Undang-Undang tentang Kompilasi Hukum Islam, sebagai acuan yang digunakan di lingkungan Peradilan Agama. Kepada hakim disarankan untuk lebih teliti dalam mengkaji atau mempertimbangkan segala kemungkinan yang bisa berakibat fatal terhadap suatu putusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Faisol Munif
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harisa, IchwaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Waris
Keywords: pembatalan putusan pengadilan agama, penetapan ahli waris pengganti
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2014
Last Modified: 17 Apr 2015 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item