TINJAUAN SIYASAH SYAR'IYYAH TERHADAP PERJANJIAN EKSTRADISI DALAM PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG MENURUT UNDANG UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1979

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Alif Alfa (2013) TINJAUAN SIYASAH SYAR'IYYAH TERHADAP PERJANJIAN EKSTRADISI DALAM PENEGAKAN HUKUM PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG MENURUT UNDANG UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1979. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana perjanjian ekstradisi dalam penegakan hukum pidana terhadap pelaku tindak pidana pencucian uang menurut Undang Undang Nomor 1 Tahun 1979 dan bagaimana tinjauan Siyasah Syar'iyyah terhadap perjanjian ekstradisi dalam penegakan hukum pidana terhadap pelaku tindak pidana pencucian uang.
Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kepustakaan dan mengumpulkan data dengan menggunakan teknik editing, organizing,dan analiyzing. Setelah semua data terkumpul kemudian data diolah dan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis, dengan tujuan mengurai masalah tentang perjanjian ekstradisi menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1979 diurai secara keseluruhan mulai dari deskriptif perjanjian ekstradisi, unsur-unsur ekstradisi, prinsip-prinsip ekstradisi, syarat-syarat penyerahan pelaku kejahatan yang diekstradisikan, pelaksanaan perjanjian ekstradisi serta deskriptif tindak pidana pencucian uang. Kemudian perjanjian ekstradisi tersebut dianalisis dengan Siyasah Syar'iyyah dan ditarik sebuah kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perjanjian ekstradisi terhadap pelaku tindak pidana pencucian uang tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar supaya perjanjian ekstradisi tersebut bisa terlaksana dengan baik, diantaranya adanya unsur-unsur ekstradisi, terpenuhinya syarat-syarat dalam penyerahan pelaku kejahatan yang diekstradisikan serta tahapan-tahapan prosedur pelaksanaan permintaan ekstradisi yang sesuai dengan Undang Undang Nomor 1 Tahun 1979. Jika dianalisis dengan Siyasah Syar'iyyah, prinsip-prinsip umum yang ada pada intinya banyak kesesuaian dengan prinsip-prinsip umum yang dimiliki oleh Siyasah Syar'iyyah ada kesesuaian dengan asas non bis in idem, yaitu bahwa seseorang tidak boleh diadili untuk kedua kalinya atas kejahatan yang sama. Siyasah Syar'iyyah juga tidak membenarkan adanya penyerahan warga negara Dar al-Salam yang merupakan pelaku tindak kejahatan untuk diserahkan ke negara Dar al-Kuffar. Kecuali telah ada perjanjian sebelumnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Arif Wijaya
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Alif AlfaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: ?? HD ??
Keywords: Perjanjian Ekstradisi; Tindak Pidana Pencucian Uang;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2014
Last Modified: 06 Apr 2015 04:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11325

Actions (login required)

View Item View Item