KALAM INSYA THALABI DALAM HADITS ARBAIN NAWAWI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baroroh, Iftitahul (2013) KALAM INSYA THALABI DALAM HADITS ARBAIN NAWAWI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, penulis ingin menjelaskan sejarah singkat imam Nawawi beliau adalah seorang Ahli hadits yang terkenal didesa nawa, mempunyai sifat yang sabar, wara, dan tawadhu. Adapun kandungan dari Hadits Arabain bahwa hadits tersebut menjelaskan tentang syariat, adab, khutbah, jihad. Dalam skripsi ini menjelaskan kalam insya thalabi yang ada dalam Hadits Arbain nawawi, sedangkan yang dimaksud dengan kalm insya adalah kalimat yang pembicaraanya tidak disebut sebagai orang yang benar dan orang yang dusta, dan yang dimaksud dengan kalam insya thalabi adalah kalimat yang menghendaki terjadinya sesuatu yang belum terjadi ketika kalimat tersebut diucapkan. Kalam insya itu terbagi menjadi lima macam yaitu Amar, Nahy, Nida, Istifham, Tamanni. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini ada dua yaitu apa macam-macam kalam insya thalabi yang ada di Hadits Arbain Nawawi dan apa makna kalam insya thalabi yang ada di Hadits Arbain Nawawi.
Pendekatan yang dipakai dalam penelitian skripsi si peneliti adalah kualitatif. Sedangakan Metode yang digunakan dalam membahas masalah ini, penulis mengguakan dua metode, yaitu metode bayani dn metode tahlili. Metode bayani adalah suatu metode yang menjelaskan pendapat-pendapat ulama yang berubungan dengan masalah ini. Meode tahlili adalah suatu metode yang dilakukan untuk menetapkan pendapatnya berdasarkan pendapat para ulama dan kesimpulan-kesimpulan.
Dari hasil kajian tersebut terungkap bahwa di dalam hadits Arbain Nawawi terdapat 56 kalam yang mengandung kalam insya thalabi dengan empat macamnya, yakni pertama amr (perintah), kedua nahy (larangan), istifham (pertanyaan), dan keempat nida (seruhan). Dalam hadits Arbain Nawawi terdapat 27 kalam berbentuk Amar dengan fariasi jenis makana yang dikandung antara lain irsyad(petunjuk), I tibar (member pelajaran), imtinan (karunia), tahdid (ancaman), haqiqi (makna Asli). Kemudian 13 kalam berbentuk nahy dengan fariasi jenis makna yang dikandung adalah, irsyad (petunjuk), haqiqi. Kemudian 7 kalam berbentuk Nida yang mengandung makna ighro(bujukan-anjuran), istighosah( minta pertolongan), haqiqi. Kemudian 9 kalam berbentuk Istifham yang mengandung makna haqiqi, taqrir (penetapan), tanbih (mengingatkan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing: Abdullah Abid, MA.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baroroh, IftitahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Arab
Keywords: kalam insya thalabi, arbain nawawi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2014
Last Modified: 08 Apr 2015 05:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11352

Actions (login required)

View Item View Item