ANALISIS YURIDIS PEMBATALAN PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KEDIRI NOMOR: 207/Pdt. G/2011/PA. Kdr. OLEH PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA NOMOR: 375/Pdt. G/2011/PTA. Sby. TENTANG GUGATAN WARIS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masykur, Ali (2013) ANALISIS YURIDIS PEMBATALAN PUTUSAN PENGADILAN AGAMA KEDIRI NOMOR: 207/Pdt. G/2011/PA. Kdr. OLEH PENGADILAN TINGGI AGAMA SURABAYA NOMOR: 375/Pdt. G/2011/PTA. Sby. TENTANG GUGATAN WARIS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian dengan judul Analisis Yuridis Pembatalan Putusan Pengadilan Agama Kediri Nomor : 207/Pdt. G/2011/PA. Kdr. oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Nomor : 375/Pdt. G/2011/PTA. Sby. tentang gugatan waris. Permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana pertimbangan dan dasar hukum Hakim Pengadilan Tinggi Agama Surabaya membatalkan Putusan Hakim Pengadilan Agama Kediri tentang gugatan waris dan bagaimana analisis yuridis pembatalan putusan Pengadilan Agama Kediri Nomor: 207/Pdt. G/2011/PA. Kdr. oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Nomor: 375/Pdt. G/2011/PTA. Sby. tentang gugatan waris.
Untuk menjawab permasalahan di atas, maka dalam mengumpulkan data penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi yaitu pengumpulan data dari berkas putusan Nomor: 207/Pdt. G/2011/PA. Kdr. dan putusan Nomor: 375/Pdt. G/2011/PTA. Sby. yang selanjutnya disusun secara deskriptif untuk menggambarkan secara sistematis mengenai duduk perkara, dasar pertimbangan dan isi putusan, hasil penelitian kemudian dianalisis menurut hukum positif.
Apabila terjadi pencabutan gugatan oleh beberapa orang dari penggugat kolektif maka Majelis Hakim dapat menerapkan hukum: a) Apabila terjadi sebelum tergugat menyampaikan jawabannya, maka sebagai prinsip penghargaan terhadap hak-hak Penggugat maka sesuai ketentuan Pasal 271 Rv, pencabutan dikabulkan, dimana hakim memberikan penetapan dengan amar mengabulkan pencabutan oleh penggugat. Bagi yang tidak mencabut, dapat mengajukan kembali gugatan dengan perkara baru. b) Hakim dapat menyarankan kepada para penggugat yang tidak mencabut perkara untuk melindungi haknya tersebut dengan memberi kesempatan penggugat untuk memperbaiki/mengubah surat gugatan dengan register perkara yang sama.
Putusan Pengadilan Agama Kediri dibatalkan oleh Pengadilan Tinggi Agama Surabaya karena pencabutan gugatan oleh sebagian penggugat kolektif dinyatakan bahwa dari segi formil mengandung cacat formil, yaitu error in persona sehingga gugatan dinyatakan tidak diterima/NO jelas kurang tepat karena tidak ada dasar hukumnya. Dasar hukum hakim PTA Surabaya dalam membatalkan putusan PA Kediri dalam perkara waris tersebut adalah Pasal 271Rv. (Reglement op de burgerlijke rechsvordering) dapat dijadikan sebagai pedoman oleh pengadilan karena tergugat belum memberikan jawaban.
Dalam memutus suatu perkara, hendaknya para hakim di pengadilan harus lebih berhati-hati dalam menerapkan hukum formil maupun materiil dengan benar. Keduanya mempunyai hubungan yang erat, Hukum materiil tidak bisa diterapkan secara benar tanpa hukum formil. Demikian halnya, hukum formil tidak punya arti tanpa adanya hukum materiil. Dan diharapkan dengan adanya penelitian mengenai hukum acara peradilan agama, sehingga hasil penelitian tersebut dapat dijadikan pertimbangan baik bagi pengadilan agama menerapkan sebuah hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suwito
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masykur, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Waris
Keywords: Pembatalan Putusan; Pengadilan Agama; Gugatan Waris;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2014
Last Modified: 21 Apr 2015 02:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11361

Actions (login required)

View Item View Item