Perjuangan KH. Muhammad Musa Nawawi dalam peningkatan ajaran Islam di Pulau Bawean Tahun 1959-1997

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridae, Ridae (1997) Perjuangan KH. Muhammad Musa Nawawi dalam peningkatan ajaran Islam di Pulau Bawean Tahun 1959-1997. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan kyai merupakan salah satu unsur penting, diakui atau tidak, telah menentukan pengembangan oreintasi kehidupan di kalangan kelompok-kelompok Islam, maka terjadilah proses pembaharuan masyarakat serta proses adanya penafsiran kembali ajaran-ajaran yang terjadi di banyak tempat, pada kurun waktu tertentu dan dalam lingkungan kelompok yang beriman, tampaknya peran kyai adalah sangat menentukan. Masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana pengaruh perjuangan KH. Moch. Musa Nawawi, dalam usaha meningkatkan ajaran Islam di Desa Kumalasa. Bagaimana hasil perjuangan KH. Moch. Musa Nawawi dan pengaruhnya terhadap masyarakat. Bagaimana pandangan masyarakat terhadap ketokohan KH. Moch. Musa Nawawi. Berangkat dari pokok-pokok permasalahan sebagaimana dikemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan penelitian adalah: Untuk mengungkapkan perjuangan KH. Moh. Musa mawawi dalam mengembangkan ajaran agama Islam di Desa Kumar asa. Untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh KH. Moh. Musa Nawawi dalam meningkatkan ajaran agama Islam. Untuk mengetahui metode atau cara yang dilakukan oleh KH. Moch. Musa Nawawi dalam keberhasilannya meningkatkan ajaran agama Islam terhadap masyarakat. Penelitian ini diselesaikan dengan cara menggunakan metode sejarah. Dari uraian skripsi yang penulis susun tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa perjuangan KH. Moch. Musa Nawawi dalam mengembangkan ajaran Islam di Desa Kumalasa, mendekatkan ajaran agama pada masyarakat, maka dengan pendekatan yang dilakukan KH. Moch. Musa Nawawi lebih muda untuk mempengaruhi masyarakat. Hasil perjuangan beliau dalam mempengaruhi masyarakat Kumalasa, beliau merintis berdirinya sekolahan. Maka dengan perjuangan ini masyarakat Kumalasa dan sekitarnya semakin mempercayai terhadap perjuangan beliau. Masyarakat Kumalasa menganggap bahwa KH. Moch. Musa Nawawi adalah seorang tokoh masyarakat yang menyebarkan ajaran agama Islam yang sifatnya umum (menyeluruh).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridae, Ridae--089200088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusrodi, Aliali.mfd52@gmail.com2017065201
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Pendidikan Islam
Keywords: Muhammad Musa; Ajaran Islam di Bawean
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2014
Last Modified: 29 Sep 2020 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11425

Actions (login required)

View Item View Item