Penggunaan Tafsir Jalalain sebagai pelajaran pokok Studi Tafsir di pondok pondok pesantren di Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Sholichah (1985) Penggunaan Tafsir Jalalain sebagai pelajaran pokok Studi Tafsir di pondok pondok pesantren di Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. I.pdf

Download (913kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai maksud mengungkap terhadap hal-hal yang mendorong untuk mempergunakan tafsir jalalain sebagai pelajaran pokok di pondok-pondok pesantren di Jombang. Maka masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah dasar apakah yang digunakan para ulama (kiai) pondok-pondok tersebut menilai bahwa tafsir jalalain adalah tafsir bil ma qul dan mempunyai nilai tinggi. Kemudian factor-faktor apa saja yang mendorong pondok-pondok pesantren di Jombang mempergunakan tafsir jalalain sebagai studi tafsir. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendapat para ulama (kiai) pondok-pondok pesantren di Jombang tentang tafsir jalalain dalam kaitannya dengan nilai, metode dan sistematikanya serta bagaimana pengarang tafsir jalalain tersebut. Untuk mengetahui apa latar belakang penggunaan tafsir jalalain di pondok-pondok pesantren di Jombang. Untuk mengetahui praktek pengajaran tafsir jalalain di podok-pondok pesantren di Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang melibatkan tiga pondok pesantren di kabupaten jombang yaitu pondok pesantren tebuireng, pondok pesantren tambak beras dan pondok pesantren rejoso. Hasil dari penelitian yang dilakukan diantaranya adalah, metode tafsir jalalain dalam menafsirkan ayat demi ayat bersumber kepada bahasa, Irab, siyaqul kalam. Dalam menafsirkan tafsir jalalain pengarang menggunakan ungkapan bahasa yang mudah difahami. Sedikit sekali dalam menafsirkan ayat bersmber kepada ayat alquran yang lain atau bersumber pada keterangan rasul (sunnah). Metode yang demikian maka tafsir jalalain termasuk jenis tafsir bil maqul.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Sholichah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Tafsir Jalalain; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2014
Last Modified: 01 Apr 2019 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item View Item