Urgensi konsepsi qath'i zhanni bagi metode Istinbath hukum Islam di era modern: studi perbandingan antara Jumhur Ulama dan Asy Syathibi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najib, Ahmad (1997) Urgensi konsepsi qath'i zhanni bagi metode Istinbath hukum Islam di era modern: studi perbandingan antara Jumhur Ulama dan Asy Syathibi. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah yang diangkat adalah Plulai kapankah asal mula adanya istilah qath'i-zhanni dan bagaimanakah perkembangannya? Bagaimana pemahaman qath'i-zhanni jumhur ulama dan asy-Syatibi? Bagaimana urgensi konsepsi qath'i-zhanni bagi metode istinbath hukum Islam di era modern? Tujuan daripada pembahasan ini adalah untuk mengetahui asal-usul konsep qath'I zhanni dan perkembangannya. untuk mengetahui konsepsi qath'I zhanni jumhur ulama dan syathibi serta dasar pemikiran masing-masing. Untuk mengetahui urgensi konsepsi qath'I zhanni bagi metode istinbath hukum di era modern. Penelitian ini termasuk tipe penelitian hukum normative karena hanya akan meneliti salah satu teoi hukum islam dan semata-mata melihat hukumitu sebagaimana adanya dalam buku (law in book). Jenis penelitian ini adalah diskriptif, yang menggunaka pendekatan historis, analitis, filosofis dan komparatif. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan diantaranya benih dikotomi qath'I dan zhanni telah ada sejak zaman khulafaur rasyidin kemudian dicetuskan sebagai konsep oleh asy syafii, lalu dipertegas dan popular dalam karya Abdul Aziz al Bukhari dan kamal bin humam. Urgensi konsepsi qath'I dan zhanni bagi metode istinbath hukum islam di era modern adalah terletak pada kemampuannya mengindarkan hukumislam dari kelarutan terhadap perubahan masyarakat modern dan menghindarkan hukum islam dari kekakuan, kekolotan dan irrelevansinya dengan realitas sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najib, Ahmad----
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsjari, AHM----
Subjects: Filsafat
Keywords: qath'i zhanni; metode istinbath
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2014
Last Modified: 23 Sep 2020 14:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item