Pengaruh Resolusi Jihad NU pada masa KH. Hasyim Asy'ari terhadap penetapan hukum fiqh politik NU di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahir, Mahir (1997) Pengaruh Resolusi Jihad NU pada masa KH. Hasyim Asy'ari terhadap penetapan hukum fiqh politik NU di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengakat masalah apa pengaruh resolusi jihad nu pada masa KH. Hasyim Asy'ari terhadap pola penetapan hukum NU dalam menyikapi masalah kenegaraan. Bagaimana pola penetapan hukum fiqh NU dalam menyikapi masalah kenegaraan. Mengapa NU cenderung akomodatif dalam menyikapi masalah kenegaraan. Pembahasan ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi NU dalam menyikapi masalah kenegaraan. Sejauh mana pengaruh KH. Hasyim Asy'ari terhadap keberadaan NU dalam menetapkan kebijaksanaan hokum fiqh tentang negara. Untuk memahami pola istinbath hukumnya dalam masalah kenegaraan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bahwasannya keberadaan resoolusi NU tentang jihad fisabililiah yang dikeluarkan pada tahun 1945 dan tahun 1946 memiliki andil yang cukup besar terhadap pola penyikapan NU terhadap masalah-masalah kenegaraan. Pengaruh-pengaruh tersebut adalah: Pada aspek politik, resolusi NU tantang jihad fisabilillah berimplikasi terhadap pola pandang NU tentang negara dan penguasa. Dimana NU memandang keberadaan negara R.I sebagai hasil dari perjuangan mayoritas ummat Islam, sehingga perlu dijaga keutuhannya karena negara Indonesia melindungi agama Islam dan menjujung tinggi keberadaan Islam. Oleh karena itu segala hal yang dikhawatirkan menimbulkan perpecahan keutuhan negara Indonesia dihindari. semampu mungkin oleh NU dengan sikap sikapnya yang lebih menonjolkan sikap yang bisa diterima oleh semua pihak. Dalam bahasa Abdul Munir Mulkhan, NU menganut teori Minimalisme meninimalkan sesuatu untuk menghindari bahaya yang timbul. Pada aspek agama dengan resolusi NU tentang jihad fisabilillah tersebut, NU mencari alternatif-alternatif selama masih ada kaidah kaidah fiqh yang bisa dijadikan landasan hukum dalam menyikapi masalah kenegaraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Miftahul Arifin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahir, Mahir--019200033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Keywords: KH. Hasyim Asy'ari; Resolusi Jihad NU;
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Arsip Syariah
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Apr 2014
Last Modified: 10 Jul 2020 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11543

Actions (login required)

View Item View Item