Studi tentang sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masyuki, Guntur (1987) Studi tentang sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Pulau Sapudi Kabupaten Sumenep Madura. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Sejarah masuk dan berkembangnya agama silam ke suatu daerah adalah merupakan suatu peristiwa yang sangat penting, karena peristiwa itu dapat mempengaruhi jalannya sejarah daerah tersebut dan alam pikiran penduduknya hingga dewasa ini. Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana sejarah masuknya agama islam ke pulau sapudi dan bagaimana penerimaan masyarakat pada waktu itu. Bagaimana perubahahan masyarakat pulau sapudi setelah datangnya islam. Sejauh mana usaha para dai islam dalam mengembangkan islam di pulau sapudi. Bagaimana perkembangan islam selanjutnya sampai pada maa lahirnya republic (Indonesia merdeka). Permasalahan diatas diangkat dengan tujuan untuk mengungkap sejarah masuk dan berkembangnya agama islam di pulai sapudi. Untuk mengetahui perubahan-perubahan masyarakat sapudi setekah datangnya agama islam, baik yang berkenaan dengan masalah tata kemasuarakatan maupun keagamaan. Untuk mengetahui hasil apa yang diperoleh para dai islam dalam menyebarkan islam ke pulau sapudi. Untuk mengetahui perkembangan islam di pulai sapudi, muali dari masa islam di zaman permulaan, zaman kerajaan dan kondisi serta perkembangan islam di zaman colonial dan akhirnya diketahui perkembangan islam pada masa lahirnya republic Indonesia (Indonesia merdeka). Pembahasan skripsi ini dilakaukan dengan mengumpulkan data sejarah melalui observasi, interview, dengan metode historis documenter, responden, juga library research yang menghasilkan suatu kesimpulan diantaranya bahwa agama islam masuk pertama kali di pulau sapudi pada abad ke 15 m, tetapi pada abad xiv m. islam secara individual sudah dikenal oleh masyarakat sapudi. Pembawa islam pertama kali ke pulai sapudi secara formal ialah panembahan nyamplong (adi poday) yang lebih dikenal oleh masyarakat sapudi dengan sebutan sunan nyamplong dari hasil hubungan kawin antara beliau dengan puteri zaini dapat menurunkan jokotole raja sumenep yang bergelar pangeran seccodiningrat III.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masyuki, Guntur--UNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Islam
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Islam; Pulau Sapudi; Sumenep; Masuknya Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 May 2014
Last Modified: 23 Apr 2019 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11559

Actions (login required)

View Item View Item