Peranan umat Islam dalam mencapai kemerdekaan Indonesia pada masa pendudukan Jepang di Pulau Jawa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhdi, M. Suhnan (1987) Peranan umat Islam dalam mencapai kemerdekaan Indonesia pada masa pendudukan Jepang di Pulau Jawa. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah adakah peranan umat islam dalam senabagai kelompok mayoritas pada masa perjuangan kemerdekaan. Latar belakang apakah yang mendorongnumat islam sehingga ikut berperan serta dalam perjuangan kemerdekaan. Sebagai perwujudan, bahwa umat islam mempunyai peranan dalam merealisasikan cita-cita kemerdekaan, maka sejauh manakah peran yang dimainkannya. Bagaimanakah sikap dan tanggapan umat islam Indonesia sehubungan dengan kehadiran penjajah jepang di wilayah Indonesia khususnya di pulau jawa. Tujuan yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah untuk ikut serta menggugah dan menyadarkan bangsa Indonesia dari kegelapan dan kelalaiannya semala ini, bahwa akibat dari kurangnya pengajaran sejarah yang tujuannya berpusat pada Indonesia khususnya, menyebabkan jumlah orang-orang Indonesia yang menaruh perhatian kepada sejarah negerinya sendiri sangat sedikit. Turut serta member sumbangsih dalam merealisasikan program-program bangsa indinesia untuk menggali dari eningalan sejarah perjuangan bangsanya disekitar perjuangan mancapai kemerdekaan dari kaum penjajah jepang, sebagai warisan yang sangat berharga bagi generasi muda, untuk membina masa depan yang lebih baik dan cemerlang. Pembahasan skripsi ini menggunakan metode sejarah yang pada akhir pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa sehubungan dengan usaha bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan jepang, maka umat islam sebagai kelompok mayoritas dari penduduk Indonesia sudah barang tentu mempunyai peranan yang tidak kecil dalam perjuangan kemerdekaan, terbukti dengan adanya partisipasi umat islam yang dimobilisasi oleh para Kyai dan Ulama dalam bidang politik, militer, pendidikan dan agama. Motif-motif yang melatar belakangi umat islam harus aktif berperan serta dalam perjuangan kemerdekaan adalah umat islam merupakan jumlah terbesar dari sekian banyak penduduk Indonesia, hal ini adalah logis jika umat islam juga paling besar dan paling banyak mengalami suka duka yang diakibatkan oelh setiap penjajahan. Oelh sebab itulah umat islam yang dipimpin para Kyai, ulama dan tokoh-tokoh islam lainnya merasa terpanggil untuk memikul tanggung jawab meyelamatkan rakyat Indonesia dari segala bentuk penjajahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhdi, M. Suhnan--UNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Umat Islam; Kemerdekaan Indonesia; Peran Umat Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 May 2014
Last Modified: 23 Apr 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11567

Actions (login required)

View Item View Item