Unsur Ratu Adil dalam gerakan keagamaan di Jawa Tahun 1870-1935

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijiati, Nanik (1990) Unsur Ratu Adil dalam gerakan keagamaan di Jawa Tahun 1870-1935. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana corak gerakan keagamaan di jawa dengan berbagai factor yang mempengaruhi pergerakan tersebut sesuai pertimbangan dan latar belakang kehidupan atau reaksi social saat itu, sehingga tercipta menjadi komunitas gerakan keagamaan. Bagaimana kiprah gerakan ratu adil dalam gerakan keagamaan di jawa dengan penampilan sosok kepemimpinan, harapan-harapan social maupun wujud aktifitasnya, yang tentu saja mempunyai karakteristik perilaku yang berbeda dari keseluruhan gerakan keagamaannya. Berkenaan dengan reaksi gerakan ratu adil di jawa, bagaimana aspek pergerakannya itu berkembang dimasyarakat baik yang menyangkut urusan politik, social budaya maupun perekonomian pada kurun waktu tersebut.
Tujuan yang hendak dicapai dalam skripsi ini adalah untuk mengungkapkan corak gerakan keagamaan di jawa yang didalamnya terdapat unsur ratu adil melalui berbagai bentuk reaksi social yang ada. Untuk menunjukkan bahwa dalam gerakan ratu adil tercermin berbagai macam aspirasi (harapan-harapan) dengan menampakkan karakteristik perilaku seorang figure pergerakannya terutama pekembangan pasang surut gerakan tersebut pada kurun waktu antara tahun 1870-1935.
Metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode sejarah, yang apada akhir pembahasan dapat disimpulkan diantaranya gerakan keagamaan di ajawa merupakan ekspresi ketegagan social (aksi protes) yang menginginkan bebas penekanan dengan mengatur suatu bentuk pergolakan melalui agitasi-agitasi yang agresif dengan menggunaka corak keagamaan sebagai teknik perlawanan. Dalam gerakan keagamaan di jawa yang berlangsung tahun 1870-1935, ratu adil merupakan simbul dari aspirasi masyarakat yang menghendaki perubahahn social dengan menganggapnya sebagai tokoh eskatalogis dan merupakan gerakan mitos jawa yang bersifat mesianistis. Secara pilitis gerakan ratu adil lebih diarahkan pada perlawanan kolonialisme dan pemerintah desa/birokratik yang berusaha menekan kehidupan rakyat di jawa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijiati, Nanik--088614002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
TeacherMukarram, Achwan----
Subjects: Biografi
Budaya - Agama
Keywords: Ratu Adil
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Arsip Adab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2014
Last Modified: 18 Nov 2019 02:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11590

Actions (login required)

View Item View Item