Analisis pengamalan hadis Al-Da‘If dalam Fadail Al-A‘Mal perspektif Ahmad Ibn Hanbal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maimunah, Siti (2016) Analisis pengamalan hadis Al-Da‘If dalam Fadail Al-A‘Mal perspektif Ahmad Ibn Hanbal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di masyarakat tentang pemahaman bahwa dalam menentukan kualitas hadis cukup dilihat dari materi hadis (matan hadis) tentang mengajak berbuat baik tanpa memperhatikan segi periwayatannya. Penelitian terhadap periwayatan hadis menjadi sangat penting karena sebagian yang dinyatakan masyarakat pengguna hadis, terutama para muballigh, ternyata tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan. Banyak hadis lemah (da‘if) dan hadis palsu (Maudu’) telah tersebar di tengah-tengah masyarakat. Penelitian ini juga berdasarkan pendapat Ahmad Ibn Hanbal yang mengatakan bahwa hadis da‘if itu lebih baik dari pada qiyas. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1. Bagaimana kriteria hadis da‘if yang boleh diamalkan menurut Ahmad Ibn Hanbal? 2. Bagaimana pendapat Ahmad Ibn Hanbal tentang hadis da‘if dalam Fadail al-A‘mal?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria hadis da‘if yang boleh diamalkan menurut Ahmad Ibn Hanbal dan pendapat Ahmad Ibn Hanbal tentang hadis da‘if dalam fadail al-a‘mal.Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif yang datanya bersumber dari pustaka (libraray research). Pembahasan skripsi ini arahnya kepada kajian tokoh Imam Ahmad Ibn Hanbal tentang hadis da‘if . Kemudian data yang diperolah dianalisis dengan menggunakan content analysis yaitu mengkaji data dengan tujuan spesifik peneliti.Berdasarkan hasil penelitian dari berbagai literatur, dapat diperoleh kesimpulan bahwa kriteria hadis da‘if yang boleh diamalkan menurut Ahmad Ibn Hanbal adalah hadis da‘if, apabila dalam bab itu tidak ada hadis lain yang menolaknya, bukan hadis munkar, hadis batil dan hadis matruk, bukan riwayat yang mengandung perawi yang muttaham (tertuduh dusta) dan tidak bertentangan dengan suatu riwayat, pendapat sahabat dan ijma’ ulama. Imam Ahmad Ibn Hanbal membolehkan untuk mengamalkan hadis da‘if untuk fadail al-a‘mal (amalan-amalan yang utama), tetapi keutamaan amal yaitu pahala suatu amal bukan amalan sunnah yang telah ditetapkan oleh hadis sahih} atau hasan. Tujuannya hanya untuk targhib (menggairahkan) dan tarhib (preventif) jadi tidak menimbulkan amalan baru. Imam Ahmad Ibn Hanbal menyatakan bahwa hadis-hadis yang menyangkut masalah raqa’iq (yang mempertebal keimanan) dapat diberi kelonggaran selama tidak berkaitan dengan masalah hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maimunah, Sitimeymeyocke@gmail.comE93212129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Hadis
Keywords: Hadis Al-Da‘if; Fadail al-A‘mal.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: maimunah siti
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:17
Last Modified: 02 Dec 2019 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11731

Actions (login required)

View Item View Item