Peran jurnalisme dakwah warga dalam portal online Hidayatullah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuskhi, Amron (2016) Peran jurnalisme dakwah warga dalam portal online Hidayatullah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat pesat adalah fenomena nyata dari era komputerisasi. Informasi menjadi kebutuhan primer dan media dituntut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Adanya perioditas dalam penerbitan (media massa cetak) ataupun penayangan (media massa elektronik) menjadi satu kendala untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi. Dari situ timbulah gagasan untuk melibatkan masyarakat berpartisipasi dalam memberikan informasi yang dikenal dengan istilah Jurnalismen Warga. Bagaimana peran Jurnalisme Dakwah Warga dalam portal online hidayatullah ? Apa faktor pendukung dan penghambat peran Jurnalisme Dakwah Warga dalam portal online hidayatullah? Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan bagaimana penerapan peran Jurnalismen Warga dalam media online. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis, ditemukan beberapa fakta tentang peran jurnalisme warga (Citizen Journalism) dalam portal online hidayatullah, antara lain sebagai tempat menyediakan informasi dan peringatan kepada masyarakat tentang apa saja di lingkungan mereka, meng-up date pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang lingkungan sekitarnya (pengawasan sosial), menjadi sarana dakwah, memproses, menginterpretasikan dan mengkorelasikan seluruh pengetahuan atau hal yang diketahui oleh manusia (interpretasi). Menyebarkan nilai dan ide dari masyarakat (transmisi nilai) dan menyajikan informasi yang menghibur (hiburan). Selain itu, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat peran jurnalisme warga dalam mengirimkan karya jurnalistiknya. Faktor pendukung seperti; kemudahan dalam mengirimkan berita atau informasi karena menggunakan media internet, disediakannya kanal khusus, hemat waktu dan biaya. Faktor penghambatnya antara lain; kendala teknis yang sewaktu-waktu bisa terjadi, penumpukan file, kurangnya pengoptimalan penggunaan teknologi, minimnya budaya kritis masyarakat. Dari penelitian yang kemudian dijabarkan dan dianalisis, dapat ditarik kesimpulan bahwa jurnalisme warga mempunyai peran penting dalam portal online hidayatullah. Penelitian ini mengkaji tentang peran dan factor pendukung serta penghambat dalam portal online hidayatullah. Adapun kajian tentang isi pesan dalam berita jurnalisme warga dapat dikaji oleh peneliti berikutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuskhi, Amronpancenganteng@gmail.comB51212056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Penyiaran Islam
Keywords: Peran; Jurnalisme Warga; Portal Online
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nuskhi Amron
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:43
Last Modified: 15 Jan 2020 08:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item