Praksis At Tibbur Ruhani Ar Razi dalam mengatasi problem psikologis: studi kasus proses bimbingan dan konseling islam pada klien dengan problema kecemasan/anxiety disorder, Post-Traumatic Stress Disorder/PTSD dan kemarahan terpendam/pent-up anger di Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muluk, Muchamad Saiful (2016) Praksis At Tibbur Ruhani Ar Razi dalam mengatasi problem psikologis: studi kasus proses bimbingan dan konseling islam pada klien dengan problema kecemasan/anxiety disorder, Post-Traumatic Stress Disorder/PTSD dan kemarahan terpendam/pent-up anger di Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses At-Tibbur Ruhani Ar-Razi dalam mengatasi problem psikologis? 2) Bagaimana hasil dari proses At-Tibbur Ruhani Ar-Razi dalam mengatasi problem psikologis? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tujuan eksplorasi dan verifikasi. Penelitian dilakukan dengan eksplorasi karya Abu Bakar Muhammad ibn Zakaria Ar-Razi, yaitu kitab At-Tibbur Ruhani li Abi Bakar Ar-Razi untuk menemukan konsep konselingnya, yang disebut dengan At-Tibbur Ruhani Ar-Razi. Kemudian diaplikasikan dalam setting konseling kepada 4 klien dengan problema psikologis yang berbeda, yaitu kemarahan terpendam (pent-up anger), kecemasan (anxiety disorder) dan stress pasca trauma (post traumatic stress disorder / PTSD) sebagai verifikasi konsep At-Tibbur Ruhani Ar-Razi. Pada penelitian ini, data diperoleh melalui eksplorasi pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penyajian dan analisis data dilakukan dengan cara deskriptif analitik. Hasil penelitian menyimpulkan banwa At-Tibbur Ruhani Ar-Razi relevan dengan bimbingan dan konseling Islam secara teoritik maupun praktik. Proses konseling dilakukan sesuai dengan tahapan konseling berdasarkan mekanisme perubahan diri Ar-Razi, yaitu Ta'dil Af'alun Nufus dengan Al-Iqna' bil Hajaj wal Barahin dan Qom'il Hawa wa Mukholafatu Ma Yad'u Ilaihi At-Tiba'. Hasil dari proses At-Tibbur Ruhani Ar-Razi menunjukan bahwa klien dengan problem psikologisnya dapat sembuh yang ditandai dengan hilangnya simptom yang dirasakan dan kembalinya klien melaksanakan aktivitas sehari-harinya pasca konseling. At-Tibbur Ruhani Ar-Razi mirip dengan pendekatan Psikoanalisa Sigmund Freud, sehingga Abu Bakar Muhammad ibn Zakaria Ar-Razi sebegai pencetusnya adalah konselor dan psikoterapis Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muluk, Muchamad Saifulsaifulalmuluk@gmail.comB53212080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusags_hana@yahoo.co.id2025087001
Subjects: Akhlak
Akhlak > Akhlak Mulia
Bimbingan Penyuluhan
Bimbingan Konseling
Dakwah
Dakwah > Dakwah - Psikoterapi
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Manuskrip
Psikologi Islam
Tasawuf
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; At Tibbur Ruhani Ar Razi; anxiety disorder; post traumatic stress disorder; pent-up anger
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muluk Muchamad Saiful
Date Deposited: 24 Aug 2016 05:02
Last Modified: 16 Dec 2019 07:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11794

Actions (login required)

View Item View Item