TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP HUKUMAN BAGI RESIDIVIS PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI DIREKTORI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KOTO BARU NOMOR 139/PID.B/2013/PN.KBR)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumalasari, Eke dessy (2016) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP HUKUMAN BAGI RESIDIVIS PENCURIAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (STUDI DIREKTORI PUTUSAN PENGADILAN NEGERI KOTO BARU NOMOR 139/PID.B/2013/PN.KBR). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian kepustakaan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu bagaimana pertimbangan Hakim terhadap hukuman bagi residivis pencurian yang dilakukan oleh anak dalam putusan nomor 139/Pid.B/2013/PN.KBR dan bagaimana tinjauan hukum pidana Islam terhadap hukuman bagi residivis pencurian yang dilakukan oleh anak dalam putusan nomor 139/Pid.B/2013/PN.KBR. Dengan meneliti untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan penelitian kepustakaan (Library Research) menggunakan metode dokumentasi, yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap putusan Pengadilan Negeri Koto Baru, serta dengan literatur yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dipecahkan. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian menggunakan teknik deskriptif, yaitu menggambarkan atau menjelaskan kronologi kasus yang telah terjadi, serta menggunakan teknik deduktif, yaitu dengan mengemukakan teori-teori yang bersifat umum terlebih dahulu untuk dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang bersifat khusus. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat diketahui bahwa keputusan yang ditetapkan oleh Majelis Hakim dengan menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa Rismawati yang berumur 17 tahun berupa hukuman tindakan yang diberikan kepada negara (menjadi anak negara) agar mendapat bimbingan, pendidikan, pembinaan, dan latihan kerja untuk perkembangan perilaku yang lebih baik lagi di masa depan. Hal ini berbeda dalam pandangan hukum pidana Islam yang menetapkan bahwa anak yang telah akil balig dapat dimintai pertanggungjawaban atas tindak pidana pencurian dengan hukuman h}ad (potong tangan), sedangkan beberapa pengulangan tindak pidana yang dilakukan, maka terdakwa juga dapat dijatuhkan hukuman yang lain berupa takzir. Dimana penjatuhan hukumannya dapat dikenakan hukuman potong tangan, yaitu untuk pencurian yang pertama dapat di potong pada tangan kanan, kedua kalinya di potong kaki kiri, ketiga di potong tangan kiri, keempat di potong kaki kanan, dan untuk yang kelima hukuman yang diberikan adalah dibunuh. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka hakim sebagai penguasa dalam penjatuhan hukuman yang diberikan kepada pelaku tindak pidana residivis pencurian yang dilakukan oleh anak dianggap belum sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku didalam Undang-undang dan KUHP. Dengan ini anak yang dianggap telah mencapai umur dewasa dapat dikenakan penjatuhan hukuman atas perbuatan yang dilakukannya. Sehingga dengan penjatuhan hukuman tersebut diharapkan dapat memberikan rasa efek jera terhadap pelaku tindak pidana, mengingat bahwa perbuatan ini menyangkut kemaslahatan umum agar dapat terciptanya masyarakat yang aman, tentram, dan sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumalasari, Eke dessyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Residivis Pencurian Anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Kumalasari Eke dessy
Date Deposited: 24 Aug 2016 06:29
Last Modified: 24 Aug 2016 06:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11806

Actions (login required)

View Item View Item