TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL SESAMA ANAK DI BAWAH UMUR : STUDI PUTUSAN NO. 10/PID.SUS.ANAK/2015/PN.GSK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khotimah, Khusnul (2016) TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL SESAMA ANAK DI BAWAH UMUR : STUDI PUTUSAN NO. 10/PID.SUS.ANAK/2015/PN.GSK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (65MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penulisan yang dilakukan penulis mengenai Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang Bagaimana Pertimbangan hukum hakim dalam penyelesaian tindak pidana kekerasan seksual sesama anak dibawah umur dalam Putusaan No.10/Pid.Sus.Anak/2015/ PN.Gsk, dan Bagaimana Analisis hukum islam dan hukum positif Restorative justice dalam penyelesaian tindak pidana kekerasan seksual sesama anak dibawah umur dalam Putusaan No. 10/Pid.Sus.Anak/2015/PN.Gsk.
Metode penulisan skripsi ini menggunaka menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunkan pola pokir deduktif yaitu data –data yang diperoleh secara umum kemudian dianalisis secara khusus. Setelah dilakukan penelitian secara komprehensif, maka banyak sekali kekerasan seksual yang dilakukan olah anak di bawah umur dan dilakukan terhadap anak di bawah umur, maka penulis membahas skripsi yang berjudul tentang “Tinjauan Hukum Positif dan Hukum Islam terhadap penyelesaian tindak pidana kekerasan seksual sesama anak di bawah umur (Studi Putusaan No.10/Pid.Sus.Anak/2015/PN.Gsk)”. Data penelitian dihimpun melalui kajian atas isi putusan Pengadilan Negeri Gresik tentang kekerasan seksual yang dilakukan anak sesama di bawah umur dan documenter ( reading text ) dan selanjutnya di analisis. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa putuan hakim dalam menjatuhkan putusan nomor: 10/Pid.Sus.Anak/2015/PN.Gsk bagi pelaku kekerasan seksual yang dilakukan oleh sesama anak bawah umur dengan vonis 5 (lima) tahun penjara dan 3 (tiga) bulan pelatihan kerja menurut pasal 81 ayat (1) Undang-Undang RI No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak. Dalam Hukum Islam tidak menjelaskan hal tersebut dengan jelas namun ada satu teori yang mana teori tersebut bisa disamakan dengan dampak apabila anak dibawah umur tersebut tidak memenuhi syarat dan ketentuanya, teori itu adalah ta’zir yang mengedepankan aspek kemaslahatan umum. Dari teori inilah bisa menjadikan acuan bagi kita untuk bisa mengerti lagi tentang hukuman dalam Islam yang tidak ada dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Sejalan dengan kesimpulan diatas, diperlukan peranan lebih jauh untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual yang dilakukan oleh anak dibawah umur dan yang menimpa anak di bawah umur. Berdasarkan analisis di atas, penulis menyarankan bagi penegak hukum agar dapat melindungi hak-hak sebagaimana dalam undang-undangan tersebut, bagi orang tua agar lebih cermat dalam mengawasi serta mendidik anak. Upaya-upaya dilakukan tersebut tidak akan maksimal tanpa di dukung oleh kepedulian dan kesadaran orang tua, kebanyakan orang tua masih mengabaikan pergaulan anaknya, dari kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya, karena lebih besar resiko yang diderita dari pada manfaat yang didapat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Abd. Rouf
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khotimah, Khusnulcheniez.blue@gmail.comB01205022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDSattar, AbdullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Hukum Islam; Seksual
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Khotimah Khusnul
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:54
Last Modified: 15 Jan 2020 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item