PEMENUHAN STANDAR PROSES PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SDN KEBON DALEM MOJOSARI MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspita, Ajeng Candra (2014) PEMENUHAN STANDAR PROSES PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SDN KEBON DALEM MOJOSARI MOJOKERTO. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Ajeng Candra Puspita (F06411240), “Pemenuhan Standar Proses Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto”.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di
sekolah adalah dengan memperbaiki proses belajar mengajar. Hal ini tidak berlebihan, karena rendahnya prestasi belajar tidak terlepas dari berbagai faktor yang salah satunya adalah proses pembelajaran yang diterapkan.
Berangkat dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti tertarik untuk mengetahui
lebih lanjut tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN
Kebondalem dan bagaimana upaya pemenuhan standar proses pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Ada dua pendekatan yang penulis gunakan untuk menjawab rumusan masalah diatas, yaitu dengan menggunakan pendekatan teoritis dan empiris. Pendekatan teoritis yang dimaksud adalah untuk mengetahui konsep perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan pengawasan pembelajaran dari Permendikbud No. 65 tahun 2013 yang ditunjang oleh sumber-sumber terkait. Pendekatan empiris dimaksudkan untuk mengetahui fakta di lapangan.
Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Format penilaiannya menggunakan format observasi, check list dengan skala prosentase yang kemudian dideskripsikan untuk mendukung analisis data
sehingga dapat diketahui dengan mudah sejauh mana upaya pemenuhan standar proses pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti.
Berdasarkan hasil penelitian, SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto sejak awal tahun
ajaran 2013/2014 mulai menerapkan Kurikulum baru yang digulirkan pemerintah, yaitu
Kurikulum 2013. Sejak saat itu pula pembelajaran PAI dan Budi Pekerti diarahkan mengacu
pada standar proses yang tercantum pada Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013. Pemenuhan standar proses pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN Kebondalem Mojosari Mojokerto adalah sebagai berikut: (1) Pemenuhan Standar Proses Pada Komponen Perencanaan Pembelajaran mendapat prosentase sebesar 100%. hal ini berarti komponen perencanaan tergolong sangat baik. (2) Komponen Pelaksanaan Proses Pembelajaran tergolong baik dengan prosentase 92,30%. (3) Komponen penilaian proses dan hasil pembelajaran tergolong cukup baik dengan prosentase 65%. (4) Sedangkan komponen pengawasan pembelajaran tergolong sangat baik dengan prosentase 90%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Hanun Asroah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspita, Ajeng CandraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Standar Proses; PAI; Budi Pekerti
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2015 03:09
Last Modified: 02 Mar 2015 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item