FILSAFAT ILMU DAN ILMU KEISLAMAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Biyanto, Biyanto (2015) FILSAFAT ILMU DAN ILMU KEISLAMAN. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. ISBN 978-602-229-495-5

[img]
Preview
Text
Filsafat ilmu.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Buku berjudul Filsafat Ilmu dan Ilmu Keislaman disusun setelah penulis menelaah berbagai karya tematik tentang filsafat ilmu. Hasil kajian penulis menyimpulkan bahwa ada begitu banyak buku filsafat ilmu yang telah ditulis para ahli. Buku filsafat ilmu dengan berbagai judul, seperti Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar, Pengantar Filsafat Ilmu, Filsafat Ilmu, dan Filsafat Ilmu Lanjutan, telah beredar luas. Dari judulnya dapat dipahami bahwa buku filsafat ilmu mulai dari yang dasar hingga lanjutan telah tersedia. Pembaca pun dapat memperoleh buku filsafat ilmu dengan berbagai kualifikasi di pasar. Karena itu penulis sepenuhnya menyadari bahwa buku yang ada di tangan pembaca ini adalah yang kesekian.
Perbedaan buku ini dengan buku-buku filsafat ilmu yang terdahulu adalah konteks islaminya. Buku ini tidak sekedar menampilkan telaah filsafat ilmu pada umumnya, melainkan juga menampilkan topik pembahasan tambahan terkait dengan konten sejarah filsafat Islam dan ilmu-ilmu keislaman. Menurut telaah penulis, belum banyak buku filsafat ilmu yang sekaligus menyajikan konten sejarah filsafat Islam dan ilmu-ilmu keislaman. Dalam pembahasan mengenai sejarah filsafat misalnya, penulis menghadirkan pembahasan fisafat Islam dalam periode tersendiri. Hal ini jelas berbeda dengan pembahasan sejarah filsafat pada umumnya yang hanya memaparkan sejarah filsafat India, China, dan Barat. Sementara periode sejarah filsafat Islam yang sangat dinamis hanya disisipkan dalam pembahasan sejarah filsafat Barat. Demikian juga pembahasan mengenai ilmu-ilmu keislaman (Islamic sciences), yang seringkali kurang mendapat perhatian dalam buku filsafat ilmu.
Dengan menambahkan wawasan keislaman, buku ini diharapkan menjadi sumbangan berharga bagi pengkaji filsafat ilmu. Harus dipahami bahwa sumber dari segala ilmu adalah Allah SWT. Karena itu seharusnya tidak ada dikotomi ilmu, misalnya antara ilmu umum dan ilmu agama. Dikotomi ilmu ini harus segera diakhiri. Caranya adalah dengan mendialogkan antarcabang ilmu. Itu berarti semua disiplin ilmu harus saling bertegur sapa. Untuk mencapai kondisi itu kajian filsafat ilmu yang meliputi ontologi, epistemologi, dan aksiologi, harus diselaraskan dengan telaah dalam ilmu-ilmu keislaman. Pada konteks inilah pembahasan dalam buku ini dirancang. Harapannya, buku ini benar-benar dapat memberikan kontribusi keilmuan (contribution to knowledge) sesuai dengan kebutuhan pembaca.
Penulis berusaha semaksimal mungkin untuk memaparkan isi buku ini dengan bahasa yang mudah dipahami pembaca. Itu dimaksudkan untuk mengurangi pandangan sebagian orang yang mengatakan bahwa buku filsafat selalu sulit dicerna. Meski demikian, penulis menyadari bahwa tidak pernah ada pekerjaan yang sempurna. Karena kesempurnaan hanyalah milik Allah. Dengan penuh kerendahan hati penulis mengundang pembaca untuk memberikan kritik konstruktif sehingga buku ini menjadi lebih baik. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penting untuk penyempurnaan buku ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Biyanto, Biyantomrbiyanto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Islam
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Users 225 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2016 00:27
Last Modified: 31 Jul 2017 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12323

Actions (login required)

View Item View Item