Bimbingan dan konseling islam dalam pondok pesantren “Penanganan masalah kemalasan terhadap pengurus di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amanullah, Akhmad Syahroni (2016) Bimbingan dan konseling islam dalam pondok pesantren “Penanganan masalah kemalasan terhadap pengurus di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Apa faktor yang menjadikan salah seorang pengurus pondok pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang bermalas malasan? (2) Bagaimana proses pemberian bantuan konseling terhadap seorang pengurus pondok pesantren Mamba’ul Ma’arif itu berjalan? Berdasarkan fokus penelitian tersebut maka penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor yang menyebabkan pengurus pondok pesantren bermalas-malasan dalam menjalankan amanah kepengurusan, serta mengetahui dan memahami bagaimana proses bimbingan dan konseling Islam dalam memberikan bantuan terhadap pengurus yang bermalas-malasan itu berjalan. Sesuai dengan fokus penelitian, maka dalam penelitian ini peneliti hanya memaparkan faktor-faktor yang menjadikan pengurus pondok pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang bermalas-malasan dan mendeskripsikan bagaimana praktik bimbingan dan konseling Islam dalam menangani masalah kemalasan yang sedang dialami oleh pengurus pondok pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang berjalan. Ternyata, setelah peneliti melakukan penelitian faktor-faktor yang menyebabkan pengurus pondok pesantren bermalas-malasan adalah: 1. Faktor pengurus di pondok pesantren yang kurang kondusif dan produktif, 2. Kebiasaan klien yang sering begadang 3. Klien yang tertutup dan tertekan dengan lingkungan pesantren. 4. Pengasuh yang jarang di pondok pesantren. Sedangkan untuk proses konseling alhamdulillah klien sudah dapat berubah menjadi pribadi yang rasional dan mulai menjalankan amanah kepengurusan beserta anggota yang lainnya. Dari hasil penelitian yang diadakan oleh peneliti, maka penelitian ini cukup berhasil hal tersebut dapat diketahui dari perubahan pola berfikir serta tindakan klien yang awalnya irrasional menjadi pola fikir dan tindakan yang rasional serta dapat menjalankan tugas pengurusan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amanullah, Akhmad Syahronisantrisyah@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Bimbingan Konseling
Dakwah
Pesantren
Keywords: Bimbingan dan konseling Islam; faktor-faktor penyebab kemalasan; proses bimbingan dan konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Amanullah Akhmad Syahroni
Date Deposited: 24 Aug 2016 04:50
Last Modified: 08 Nov 2019 03:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item View Item