Prosedur mediasi di Pengadilan Agama Bangkalan ditinjau dari peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ima, Siti Rochmatul (2016) Prosedur mediasi di Pengadilan Agama Bangkalan ditinjau dari peraturan Mahkamah Agung nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjul ‘Prosedur Mediasi di Pengadilan Agama Bangkalan ditinjau dari Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi’. Prosedur yang dimaksud disini adalah tata cara bermediasi yang diterapkan di Pengadilan Agama Bangkalan. Adapunrumusanmasalah yang adadalampenelitianiniadalah: Pertama,bagaimana prosedur mediasi di Pengadilan Agama Bangkalan. Kedua, bagaimana prosedur mediasi di Pengadilan Agama Bangkalan ditinjau dariPERMA RI Nomor 1 tahun 2016 tentang prosedur mediasi.Penelitian lapangani ni menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjawab rumusan masalah yang ada. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode dokumentasi dan wawancara Hakim mediator Pengadilan Agama Bangkalan.Kemudian dianalisis menggunakan pola pikir induktif untuk memperjelas kesimpulan.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa yang menjadi dasar pelaksanakan proses beracara mediasi oleh Pengadilan Agama Bangkalan adalah menggunakan PERMA RI Nomor 1 tahun 2008 tentang prosedur mediasi. Sedangkan prosedur mediasi di Pengadilan Agama Bangkalan jika ditinjau dari peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2016, prosedur mediasi yang diterapkan di Pengadilan Agama Bangkalan belum sesuai dengan PERMA RI Nomor 1 Tahun 2016. Sebagaimana yang telah di jelaskan bahwa saat PERMA RI Nomor 1 Tahun 2016 ini mulai berlaku, maka PERMA Nomor 1 Tahun 2008 tentang prosedur mediasi di pengadilan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Berdasarkan alasan yang disebabkannya Pengadilan Agama Bangkalan belum menerapkan peraturan Mahkamah Agung, antara lain belum adanya petunjuk pelaksanaan yang lebih jelas dari Mahkamah Agung. Pengadilan Agama hanya memiliki wewenang untuk menjalankan proses mediasi dengan prosedur mediasi yang telah ditentukan, namun bukan merupakan suatu kewajiban untuk menggunakan PERMA RI Nomor 1 tahun 2016 sebagai prosedur mediasi dalam pelaksanaan proses beracara mediasi jika dianggap peraturan tersebut masih butuh petunjuk pelaksanaan yang lebih jelas dari Mahkamah Agung.Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis mengharapkan kepada Pengadilan Agama khususnya Bangkalan dalam mengoptimalkan menyelesaikan perselisihan dengan melakukan proses mediasi yang sesuai dengan prosedur mediasi, tidak hanya sekedar formalitas untuk menghindari ancaman batal demi hukum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ima, Siti Rochmatuliemapariez@gmail.comC01212092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadhifa, Nurul Asiyanurulasiya@uinsby.ac.id2023047502
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Hukum Islam > Peradilan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: siti rochmatul ima
Date Deposited: 24 Aug 2016 03:00
Last Modified: 29 Nov 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12381

Actions (login required)

View Item View Item