Kesadaran masyarakat dalam pembayaran zakat pertanian di desa Tlogoagung kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutviyyah, Ismy (2016) Kesadaran masyarakat dalam pembayaran zakat pertanian di desa Tlogoagung kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang potensi zakat pertanian di Desa Tlogoagung Kecamatan Kembangbahu kabupaten Lamongan, mekanisme pembayaran zakat hasil pertanian di Desa Tlogoagung Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan dan kesadaran masyarakat dalam pembayaran zakat hasil pertanian di Desa Tlogoagung Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Desa Tlogoagung Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Metode pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, serta literatur pendukung yang relevan terhadap permasalahan yang penulis angkat. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi zakat pertanian yang terdapat di Desa Tlogoagung cukup besar. Hal ini dapat diketahui dari data angket masyarakat mengenai luas lahan pertanian dan hasil panen yang diperoleh. Selanjutnya mengenai mekanisme zakat pertanian sendiri masih kurang maksimal karena proses distribusi atau penyaluran zakat para petani memberikan zakatnya kepada tetangga sekitar atau sanak saudara sesuka hati. Kesadaran masyarakat Desa Tlogoagung masih sangat rendah dalam pembayaran zakat pertanian. Hal ini dikarenakan beberapa faktor diantaranya adalah rendahnya pendidikan serta faktor sosial yang menyebabkan masyarakat berpegang bahwa membayar sedekah sudah mewakili kewajiban zakat.
Jika potensi zakat dapat diketahui dari luasnya lahan pertanian dan banyaknya hasil panen yang diperoleh setiap panen, seharusnya pemerintah desa dapat memprioritaskan agar masyarakat dapat membayar zakat sesuai dengan kadar zakat seperti halnya kewajiban membayar pajak. Karena dasar hokum zakat adalah wajib dan juga sudah diatur dalam undang-undang nomor 23 tahun 2011 tentang zakat. Selain itu untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang kewajiban zakat adalah dengan diadakannya sosialisasi oleh tokoh masyarakat setempat secara intensif guna untuk lebih menekankan agar masyarakat tidak lalai membayar kewajibannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutviyyah, Ismyismy.lf62@gmail.comC04212058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@yahoo.com2014057001
Subjects: Ekonomi Islam
Zakat
Keywords: Zakat Pertanian; Kesadaran Masyarakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutviyyah Ismy
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:09
Last Modified: 29 Nov 2019 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item