Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Kalimat Thayyibah (Ta’awud) melalui metode Course Review Horay Pada Siswa Kelas III MI Al Islam Pantenan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qomariyah, Wiwin (2016) Peningkatan Pemahaman Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Kalimat Thayyibah (Ta’awud) melalui metode Course Review Horay Pada Siswa Kelas III MI Al Islam Pantenan Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran aqidah akhlak materi kalimat thayyibah (ta’awud). Pemahaman yang rendah memberikan dampak pada nilai hasil belajar peserta didik yang masih di bawah nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Hal ini disebabkan karena guru kurang maksimal ketika menyampaikan materi kepada peserta didik. Guru hanya menggunakan metode yang monoton sehingga siswa merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui metode Course Review Horay. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Course Review Horay dalam peningkatan pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak materi kalimat thayyibah (ta’awud) pada siswa Kelas III MI Al-Islam Pantenan Panceng Gresik? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran aqidah akhlak materi kalimat thayyibah (ta’awud) melalui metode Course Review Horay pada siswa kelas III MI Al-Islam Pantenan Panceng Gresik? Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah bentuk kolaboratif. Dalam pelaksanaanya, PTK ini menggunakan model Kurt lewwin yang dalam siklusnya dimulai dari perencaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, tes pemahaman dan dokumentasi. Dalam pelaksanaannya menunjukkan bahwa penerapan metode Course Review Horay pada mata pelajaran aqidah akhlak materi kalimat thayyibah (ta’awud) dilaksanakan dengan baik pada siklus I maupun siklus II. Dimana dalam penerapannya yakni peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kecil kemudian membuat kartu atau kotak. Guru membacakan soal dan peserta didik menulis jawaban pada kotak tersebut. Jika jawaban benar maka peserta didik berteriak hore. Dalam penerapan metode Course Review Horay diperoleh hasil skor observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,9 sedangkan pada siklus II menjadi 87,5. Skor pada hasil observasi siswa siklus I sebesar 70 pada siklus II menjadi 90,7. Nilai rata-rata kelas yakni sebesar 70,5 dengan prosentase ketuntasan belajarnya 55,1% sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan rata-rata 81 dengan prosentase ketuntasannya mencapai 89%. Hal ini menunjukkan peningkatan yang besar dan dapat dikategorikan sangat baik karena sudah mencapai target yang diharapkan yakni 80%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qomariyah, Wiwinqueeniewiwin@gmai.comD07212040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Metode Course Review Horay; Pemahaman; Kalimat Ta’awud
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Qomariyah Wiwin
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:47
Last Modified: 13 Jan 2020 06:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item