PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI. NURUL HIDAYAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, M. Chusnul (2014) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MI. NURUL HIDAYAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah penggunaan metode Role Playing materi berbicara dan membaca pada siswa? (b) Bagaimanakah Kemampuan Berbicara dan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa? (c) Apakah penggunaan metode Role Playing dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan membaca pada siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan kemampuan belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran model Role Playing. (b) Ingin mengetahui kemampuan belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran model Role Playing. (c) Ingin Mengetahui penggunaan metode Role Playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan membaca pada siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI. Nurul Hidayah Tahun Pelajaran 2014/2015 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa kemampuan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode model Role Playing dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan belajar Siswa V MI. Nurul Hidayah Tahun Pelajaran 2014/2015 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah
satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, M. ChusnulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Role Playing; Kemampuan Berbicara dan Membaca; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2015 01:58
Last Modified: 03 Mar 2015 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item