Rasional Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani perilaku lesbian pada remaja di Jeruk Lakarsantri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nihaya, Nia (2016) Rasional Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani perilaku lesbian pada remaja di Jeruk Lakarsantri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Nihaya_B03212041 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor penyebab terjadinya perilaku lesbian pada remaja di desa Jeruk Lakarsantri Surabaya?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan konseling dengan menggunakan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani perilaku lesbian pada remaja di desa Jeruk Lakarsantri Surabaya?,3)Bagaimana hasil akhir proses pelaksanaan bimbingan konseling dengan menggunakan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani perilaku lesbian pada remaja di desa Jeruk Lakarsantri Surabaya? Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan dianalisa menggunakan deskriptif komparatif. Adapun pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa proses Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam menangani pola pokir dan perilaku lesbian pada remaja di jeruk lakarsantri Surabaya, dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah konseling yaitu, identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi/treatment dan evaluasi/follow up. Dalam hal ini peneliti menggunakan Rational Emotive Behavior Therapy, dalam terapi REBT terdapat beberapa tahap, namun peneliti hanya menggunakan tiga tahap, diantaranya: 1) Menggunakan pendekatan yang dapat memberi perubahan dan cara berfikir konseli, 2) Konselor lebih edukatif –direktif pada konseli, 3) Berulang-ulang dalam menekankan bahwa irrasional lah yang menyebabkan hambatan emosi. Hasil akhir proses konseling dalam penelitian ini dengan presentasi 66,6 %, yang mana hasil penelitian tersebut dapat dilihat dari adanya hasil perubahan pada sikap dan perilaku konseli yang kurang baik menjadi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nihaya, Nianianihayaa@gmail.comB03212041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, SriUNSPECIFIED2005025902
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Rational emotive behavior therapy; perilaku; lesbian
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nihaya Nia
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:50
Last Modified: 20 Nov 2023 01:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12562

Actions (login required)

View Item View Item