SEJARAH PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN ANAK-ANAK MUHYIDDIN GEBANG PUTIH SUKOLILO SURABAYA 1994-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sanani, Muhammad Nadhif (2016) SEJARAH PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN ANAK-ANAK MUHYIDDIN GEBANG PUTIH SUKOLILO SURABAYA 1994-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Anak-anak Muhyiddin Gebang Putih Sukolilo Surabaya 1994-2015”. Adapun fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini meliputi: 1) Bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren anak-anak Muhyiddin? 2) Apa saja aktivitas di dalam pondok pesantren anak-anak Muhyiddin? 3) Bagaimana perkembangan pondok pesantren anak-anak Muhyiddin pada tahun 1994-2015?Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah, dengan menggunakan beberapa langkah yaitu, heuristik mengumpulkan sumber-sumber sejarah dengan cara wawancara dan arsip-arsip berupa akta pendirian pondok pesantren, verifikasi (kritik terhadap data), penafsiran dan historiografi. Adapun pendekatan dalam skripsi ini menggunakan pendekatan historis dan menggunakan teori continuity and change.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Pondok pesantren anak-anak Muhyiddin dirintis pada tahun 1970 oleh KH. Achmad Thobib dan berdiri menjadi pondok pesantren pada 11 Rabi’ul Akhir 1415 H atau 16 September 1994. Pondok pesantren anak-anak Muhyiddin merupakan salah satu pondok pesantren yang secara khusus memiliki program pendidikan Tarbiyatut Tilawatul Qur’an bin Nadhor wal Ghoibi (Pendidikan al-Qur’an dengan membaca dan menghafal). Penekanan hafalan al-Qur’an adalah sebuah prioritas utama yang dijalankan di pondok pesantren anak-anak Muhyiddin sebagai ciri khas dari pondok pesantren ini. 2) Adapun bentuk aktivitas yang terdapat di pondok pesantren anak-anak Muhyiddin meliputi, bidang keagamaan, kesenian, ekonomi dan sosial. 3) Pada perkembangan selanjutnya aktivitas yang dilakukan santri tidak hanya terbatas pada membaca dan menghafalkan al-Qur’an saja tetapi juga mengkaji kitab-kitab kuning seperti yang dilakukan di pesantren-pesantren besar lainnya. Hal tersebut dilakukan agar semakin menguatkan dasar pemahaman Islam atau al-Qur’an pada khususnya. Semakin lama pondok pesantren anak-anak Muhyiddin yang selalu menjunjung tinggi kajian al-Qur’an tersebut mengikuti perkembangan zaman dengan mengadakan sekolah formal tingkat dasar untuk memajukan intelektual santri di bidang pelajaran umum. Seiring berjalannya waktu santri yang menetap semakin bertambah. Maka pondok pesantren mulai membangun asrama khusus mahasiswa. Mengingat lokasi pondok yang berdekatan dengan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sanani, Muhammad Nadhifnadhifsanani@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Pesantren; sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sanani Muhammad Nadhif
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:30
Last Modified: 25 Aug 2016 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12597

Actions (login required)

View Item View Item