Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan tahun 1975-2015

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdullah, Mohammad Miftah (2016) Sejarah perkembangan Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Tlogoanyar Lamongan tahun 1975-2015. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Kelurahan Tlogoanyar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan Tahun 1975-2015. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana sejarah berdirinya pondok pesantren Roudlotul Qur’an Kelurahan Tlogoanyar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan? 2) Mengapa pondok pesantren Roudlotul Qur’an Kelurahan Tlogoanyar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan mengalami perkembangan dari pondok salaf menuju modern? 3) Apa dampak keberadaan Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an dalam bidang sosial, agama, pendidikan bagi masyarakat Tlogoanyar dan sekitarnya. Penulis menggunakan metode sejarah dengan beberapa tahapan diantaranya 1) mencari data dengan cara mengumpulkan sumber-sumber sejarah. Sumber yang bisa digunakan oleh penulis diantaranya sumber primer dan sumber sekunder. Data- data tersebut dianalisis dan dipaparkan menggunakan teori modernisasi karena Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an mengalami perkembangan menuju modern baik dalam hal sistem pendidikan maupun sosial keagamaan. Penulis menggunakan teori modernisasi oleh Talcot Parsons. 2) melakukan kritik Ekstern dan Intern untuk menilai kredibilitas dan keautentikan sumber. 3) menafsirkan dan menginterpretasi atau menguraikan sumber-sumber yang ada. 4) menyusun dalam bentuk tertulis yang diaktualisasikan pada penulisan skripsi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terkait sejarah perkembangan Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an, disimpulkan bahwa 1) Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an didirikan pada tahun 1975, merupakan inisiatif dari K.H Mansyur Aminuddin Ridho. Diberi nama Roudlotul Qur’an karena atas saran dari kiai beliau yang bernama K.H Arwani Kudus. K.H Mansur Aminuddin sangat berjasa dalam mengayomi masyarakat muslim dan meramaikan syiar Islam di Lamongan. 2) Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an mengalami perkembangan dari salaf menuju modern. Dibuktikan dengan adanya lembaga pendidikan formal yakni MTs Terpadu dan MA Sains 3) Pondok Roudlotul Qur’an berperan aktif dalam kehidupan dibidang sosial, keagamaan dan pendidikan masyarakat Kelurahan Tlogoanyar Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdullah, Mohammad Miftahmiftahmohammad882@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Sejarah pesantren; pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Abdullah Muhammad Miftah
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:13
Last Modified: 25 Jun 2018 04:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item