Tinjauan Hukum Islam terhadap Pengalihan Akad Pembiayaan Murabahah Menjadi Akad Pembiayaan Mudarabah pada Nasabah Bermasalah DI BMT Muda Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekawati, Hana (2016) Tinjauan Hukum Islam terhadap Pengalihan Akad Pembiayaan Murabahah Menjadi Akad Pembiayaan Mudarabah pada Nasabah Bermasalah DI BMT Muda Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana Aplikasi pengalihan akad pembiayaan murabah}ah menjadi akad pembiayaan mudarabah pada nasabah bermasalah di BMT MUDA dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pengalihan akad pembiayaan murabahah menjadi akad pembiayaan mudarabah pada nasabah bemasalah di BMT MUDA. Pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalan tersebut adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disusun dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam mengatasi pembiayaan murabahah bermasalah pada nasabah yang prospektif, dilakukan dengan cara mengalihkan akad pembiayaan murabahah menjadi akad pembiayaan mudarabah. BMT MUDA memanggil nasabah bermasalah yang telah habis jatuh temponya. Jika dalam waktu 2 bulan nasabah tidak hadir, maka BMT mengalihkan akad secara sepihak. Ditinjau dari hukum Islam, pengalihan akad pembiayaan murabahah menjadi pembiayaan mudarabah yang terjadi di BMT MUDA tidak sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam pengalihan akad yang mengacu pada fatwa DSN No. 49/DSN-MUI/II/2005 tentang konversi akad. Karena pada proses penghentian akad, nasabah tidak menjual objek mura>bah}ah kepada LKS sesuai harga pasar untuk menyelesaikan pembiayaan murabahah bermasalah. Selain itu tidak semua rukun akad mudarabah terpenuhi. Pada pengalihan akad sepihak, rukun akad yang tidak terpenuhi adalah para pihak yang berakad, ijab qabul dan objek (usaha yang produktif). Sedangkan rukun akad yang tidak terpenuhi pada pengalihan akad dengan kehadiran nasabah, adalah objek akad (usaha yang produktif). Dengan tidak adanya usaha yang produktif, secara otomatis tidak akan ada pula keuntungan. Meskipun begitu, niat baik BMT MUDA patut diapresiasi (diberi respon yang positif). Karena tujuan BMT MUDA mengalihkan akad ini adalah atas dasar tolong menolong, untuk membantu nasabah meringankan bebannya dalam membayar margin, karena pada akad mudarabah ini, nasabah tidak perlu membayar nisbah. Sehingga pembiayaan yang macet bisa segera terselesaikan. Berdasarkan hasil penelitian penulis di BMT MUDA Surabaya, maka penulis dapat memberikan saran dalam proses penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah akan lebih baik jika sebelum mengalihkan akad, BMT MUDA Surabaya terlebih dahulu menggunakan cara rescheduling supaya sesuai dengan ketentuan hukum Islam. BMT MUDA sebaiknya juga lebih memantau nasabah pembiayaan murabahah dan lebih selektif dalam memberikan pembiayaan, untuk meminimalisir terjadinya pembiayaan bermasalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekawati, Hanahanaekawati@gmail.comC0221201
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abdul Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107101
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Murabahah; muddlarabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ekawati Hana
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:42
Last Modified: 12 Nov 2019 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item View Item