BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI REALITAS UNTUK MENANGANI MIDDLE CHILD SYNDROME DI PONDOK PESANTREN SAFINATUL HUDA RUNGKUT SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Azimatus (2016) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI REALITAS UNTUK MENANGANI MIDDLE CHILD SYNDROME DI PONDOK PESANTREN SAFINATUL HUDA RUNGKUT SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (710kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dibahas dengan rumusan masalahnya yang ditujukan untuk mengetahui (1) Bagaimana Langkah Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas untuk menangani Middle Child Syndrome di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut, Surabaya? (2) Bagaimana Hasil Bimbingan dan Konseling Islam dengan Terapi Realitas untuk menangani Middle Child Syndrome di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut, Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif berupa studi kasus yang hasilnya akan disusun menjadi sebuah narasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidaknyamanan sebagai anak tengah dan kesulitan menerima posisinya sebagai anak tengah. Dalam proses bimbingan dan konseling ini digunakan terapi realitas dengan tujuan penerimaan tanggung jawab sehingga anak tengah dapat mencapai identitas suksesnya. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Proses bimbingan dan konseling islam dengan menggunakan terapi realitas pada penanganan middle child syndrome merupakan pemberian bantua yang cukup efektif adapun langkah yang digunakan dalam terapi ini antara lain : mengungkap ketidaknyamanan sebagai anak tengah, mengungkap keinginan terbedar konseli, mengeksplorasi behavior konseli, meminta konseli melakukan intropeksi diri serta membantu membuat perencaan bagi tindakan yang bertanggung jawab, (2) Dari proses konseling tersebut diketahui banyak perubahan yang terjadi pada konseli dalam penerimaan diri dan pengembangan identitas sukses.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Azimatusmataharisenja778@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling Islam; Terapi Realitas; Middle Child Syndrome
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sholihah Azimatus
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:11
Last Modified: 25 Aug 2016 02:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12719

Actions (login required)

View Item View Item