MODERNISASI DAN PERUBAHAN PERILAKU SANTRIWATI : STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN FADLLILLAH DESA TAMBAK SUMUR KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Fitria (2016) MODERNISASI DAN PERUBAHAN PERILAKU SANTRIWATI : STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN FADLLILLAH DESA TAMBAK SUMUR KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Dari berbagai permasalahan yang ada, terkait perubahan perilaku santriwati yang disebabkan oleh arus modernisasi yang bersifat negatif peneliti membatasi rumusan masalah yang hendak dikaji dalam skripsi ini ialah sebagai berikut, apa yang melatar belakangi dan bagaimana bentuk perubahan perilaku santriwati di pondok pesantren Fadllillah Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode ini dipilih agar diperoleh data penelitian yang bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai Perubahan Perilaku Santriwati Pada Era Modern di Desa Tambak Sumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam menganalisis data yang diperoleh adalah teori behavioral sosiologi Burrhus Frederic Skinner. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) adanya perubahan perilaku santriwati dari yang baik menjadi buruk, Perubahan perilaku yang peneliti maksud adalah kemerosotan akhlaq dan semakin banyaknya pelanggaran yang dilakukan santriwati dalam menjalankan aturan kedisiplinan di pondok pesantren Fadllillah. (2) Faktor utama yang mempengaruhi perubahan perilaku santriwati Fadllillah adalah modernisasi yang ada kaitannya dengan media. kecenderungan mengikuti gaya hidup idolanya, seperti berpakaian mewah, memakai make up yang berlebihan, bertutur kata layaknya anak gaul, yang jauh dari sifat tawaddu’. Beberapa faktor yang membuat banyak santriwati melanggar peraturan pondok pesantren adalah tidak kerasan, broken home, dan bawaan didikan dari kedua orang tua santriwati. Tidak semua walisantri mendidik anaknya dengan baik, ada yang mengaku sering tidak ikut jama’ah dikarenakan tidak pernah disuruh orang tua untuk sholat. Dari beberapa perbedaan latar belakang santriwati ini menciptakan karakter dan gaya hidup santriwati yang bermacam-macam pula. dapat dikatakan karakter seorang anak sangat dipengaruhi oleh cara mendidik dari orang tua masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Fitriafitria_ulfa47@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Keywords: Modernisasi; perubahan perilaku; santriwati
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ulfa Fitria
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:56
Last Modified: 16 Sep 2016 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item View Item