This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nuraini, Dita (2014) KONSEP FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) | Preview |
Abstract
Hasan Langgulung merupakan tokoh pemikir pendidikan yang kontemporer dan menaruh perhatian besar terhadap upaya Islamisasi Ilmu Pengetahuan terutama pada bidang yang ditekuni yaitu psikologi dan pendidikan.
Penelitian ini rumusan masalah dan tujuannya untuk mengetahui: (1) Bagaimana konsep filsafat pendidikan Islam perspektif Hasan Langgulung dan (2) Bagaimana relevansi pemikiran Hasan Langgulung dengan pendidikan Islam di
masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang data-datanya diperoleh dari studi pustaka atau literatur terkait.
Penelitian ini juga termasuk dalam kategori penelitian histories dan deskriptif analitis karena yang diteliti adalah sejarah pemikiran seseorang. Penelitian ini bersifat
kualitatif, dan metode yang digunakan adalah deskriptif-interpretatif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan, membuahkan hasil sebagai berikut: (1) konsep Hasan Langgulung tentang filsafat pendidikan Islam berangkat darisebuah
teori atau ideology pendidikan yang muncul dari sifat filsafat seorang pendidik, dari pengalaman- pengalamannya dalam pendidikan dan kehidupan dari kajian ilmu yang
berhubungan dengan pendidikan, dan berdasarkan itu pendidik akan dapat mengetahui sekolah itu akan bekembang. Paradigma yang dipakai oleh Hasan Langgulung untuk mendefinisikan pendidikan bisa dengan melihat dari tiga sudut pandang yaitu dari sudut pandangan masyarakat, indiviu, dan segi individu dan masyarakat sehingga melahirkan tiga pendekatan yaitu pengembangn potensi, interaksi budaya, dan interaksi antara potensi dan budaya. (2) Pemikirannya mempunyai relevansi dengan perkembangan zaman, corak pemikiran yang
merumuskan definisi pendidikan Islam dengan membaginya kepada tiga segi, yang pertama dengan melihat segi individu yaitu pendidikan sebagai pengembangan potensi yang dibawa oleh setiap anak semenjak lahir, yang kedua dilihat dari segi masyarakat yakni pendidikan sebagai pewarisan budaya dari generasi ke generasi dan yang ketiga dilihat dari segi individu dan masyarakat yaitu penggabungan antara pengembangan potensi yang dibawa anak semenjak lahir dengan pewarisan budaya yang diberikan kepada anak oleh lingkungan sekitar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Munawwir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Filsafat Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Filsafat; Pendidikan Islam; Hasan Laggulung | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2015 04:54 | ||||||
Last Modified: | 04 Mar 2015 04:54 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1297 |
Actions (login required)
View Item |