IMPLEMENTASI PENETAPAN MARGIN DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG LUMAJANG DALAM TINJAUAN FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL- MAJELIS ULAMA INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Assyidqi, Iqbal Muhammad (2016) IMPLEMENTASI PENETAPAN MARGIN DALAM PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG LUMAJANG DALAM TINJAUAN FATWA DEWAN SYARIAH NASIONAL- MAJELIS ULAMA INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi .pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan tentang bagaimana aplikasi penetapan margin dalam pembiayaan mura>bah{ah di BSM Lumajang? dan Tinjauan Fatwa DSN-MUI terhadap penetapan margin dalam pembiayaan mura>bah{ah di Bank Syariah Mandiri Cabang Lumajang?Dalam menjawab permasalahan tersebut digunakan jenis penelitian dekriptif kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya disusun dan dianalisis dengan menggunakan pola-pikir deduktif. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penetapan margin pembiayaan mura>bah{ah di BSM Lumajang ditentukan atas dasar kesepakatan bersama kedua belah pihak antara nasabah dan BSM Lumajang, dengan bentuk nominal dan disesuaikan dengan besar kecilnya pembiayaan, serta menggunakan metode margin keuntungan perhitungan secara annuitas. Perhitungan annuitas adalah suatu cara pengembalian pembiayaan dengan pembayaran angsuran harga pokok dan margin keuntungan secara tetap.
Tinjauan dari Fatwa DSN-MUI Penetapan Margin Mura>bah{ah BSM Lumajang sesuai dengan prinsip-prinsip teori mura>bah{ah dengan mengacu pada fatwa DSN tentang mura>bah{ah NO:04/DSN-MUI/XII/2000 dan NO:84/DSN-MUI/XII/2012 tentang pengakuan keuntungan yang terdapat pada bagian ketiga no. 4, yang isinya “Keuntungan mura>bah{ah dalam bisnis yang dilakukan oleh para pedagang yaitu boleh dilakukan secara proporsional dan secara annuitas sesuai ‘urf atau kebiasaan. Bagian keuntungan proporsional bagi setiap pihak harus diketahui dan dinyatakan pada waktu kontrak kesepakatan. Dalam pembiayaan mura>bah{ah Bank harus menyampaikan semua hal yang berkaitan dengan pembelian dan harga jual kepada nasabah yang mempengaruhi margin yang akan diperoleh oleh BSM serta jangka waktu cicilan pelunasan. Dalam pelaksanaan penetapan margin pembiayaan mura>bah{ah di BSM Lumajang di harapkan pihak BSM menggunakan mekanisme yang dapat mempertahankan kepatuhan syariah yang telah terpenuhi dengan baik. Hal ini di lakukan agar kebutuhan nasabah terpenuhi dengan tetap mengacu pada nilai-nilai Syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Assyidqi, Iqbal MuhammadIqbalassyidqipm11@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan Murabahah; Margin
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Iqbal Assyidqi Muhammad
Date Deposited: 25 Aug 2016 08:02
Last Modified: 25 Aug 2016 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13065

Actions (login required)

View Item View Item