Flyover dan perubahan sosial : studi tentang perubahan sosial paska pembangunan flyover di Desa Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adim, Fauzul (2016) Flyover dan perubahan sosial : studi tentang perubahan sosial paska pembangunan flyover di Desa Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Pembangunan adalah salah satu hal yang mengarah pada kemajuan, akan tetapi perubahan juga bisa berdampak buruk bagi masyarakat jika pembangunan tersebut mengancam perekonomian warga, dan sebagian warga ada yang harus kehilangan pekerjaannya hanya karena pembangunan. Dalam penelitian ini, ada dua rumusan masalah yang hendak dikaji, yaitu (1) Bagaimana bentuk perubahan ekonomi masyarakat di Desa Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo? (2)Apa dampak dari terjadinya pembangunan flyover bagi masyarakat Desa Sumokali Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode ini dipilih agar peneliti dapat menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi didalam masyarakat.Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Bentuk perubahan yang ada di Desa Sumokali yaitu dari segi perekonomian masyarakat karena pada masyarakat ada beberapa usaha warung dan toko warga yang harus rela direlokasi hingga mengharuskan mereka untuk kembali beradaptasi dengan lingkungan baru. Pembangunan jalan Flyover juga membawa dampak bagi masyarakat sekitar, dampak ini berupa dampak yang negatif dan dampak positif. Adapun dampak negatif yang di alami masyarakat adalah jarak tempuh tempat usaha baru mereka lebih jauh di bandingkan dengan usaha sebelumnya, dan terhalangnya masyarakat untuk berinteraksi dengan warga desa sebelah timur yakni warga desa tenggulunan. Sedangkan untuk dampak positifnya adalah dengan adanya pembangunan flyover ini dapat mengurai kemacetan yang selama ini terjadi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya relevansi antara rumusan masalah dengan teori Fungsional Struktural karena masyarakat mampu beradaptasi dengan tempat usaha barunya setelah adanya relokasi tempat usaha yang disebabkan karena pembangunan flyover.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adim, FauzulFauzul Adm9@gmail.comB05211018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Amalamal_taufiq@yahoo.co.id197008021997021001
Subjects: Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Pembangunan flyover; perubahan sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Adim Fauzul
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:28
Last Modified: 27 Feb 2020 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item