TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KAWIN PAKSA DAN IMPLIKASI HUKUMNYA STUDI KASUS DI DESA DEKAT AGUNG KECAMATAN SANGKAPURA BAWEAN KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Moh (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KAWIN PAKSA DAN IMPLIKASI HUKUMNYA STUDI KASUS DI DESA DEKAT AGUNG KECAMATAN SANGKAPURA BAWEAN KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian lapangan guna menjawab pertanyaan Mengapa terjadi kawin paksa dan implikasi Hukumnya di Desa Dekat Agung kecamatan Sangkapura Bawean Gresik serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kawin paksa dan implikasi hukumnya di Desa Dekat Agung kecamatan Sangkapura Bawean Gresik. Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara dan telaah pustaka. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai objek penelitian secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Selanjutnya data tersebut diolah dan dianalisis dengan pola pikir induktif, Hasil penelitian dijelaskan bahwasanya tradisi kawin paksa dan implikasi hukumnya di Desa Dekat Agung kecamatan Sangkapura Bawean Gresik adalah perkawinan yang pelaksanaanya terpaksa atau dipaksa oleh orang tua dan hal ini merupakan perjodohan, hal ini dilakukan masyarakat karena faktor ekonomi, faktor untuk mendekatkan hubungan tali persaudaraan dan juga pemberian wewenang kepada kiai, semua itu di lakukan adalah untuk kesejehteraan hidup bagi keluarga mereka, Sekalipun dalam pelaksaannya dengan memaksa atau paksaan. Hasil analisis hukum Islam terhadap tradisi kawin paksa dan implikasi hukumnya di Desa Dekat Agung kecamatan Sangkapura Bawean Gresik. Secara deskriptif masalah ini betentangan dengan ajaran agama Islam karena secara proses pelaksaannya kawin paksa tersebut di dalamnya terdapat suatu pemaksaan, yang menyebabkan ketidakrelaan pelaku baik kedua-duanya atau salah satunya, begitu juga tidak terpenuhinya tujuan, rukun dan syarat-syarat dalam perkawinan.. Dijelaskan dalam Kompilasi Hukum Islam pasal 16 ayat (1) “perkawinan didasarkan atas persetujuan kedua calon mempelai”. Dan dijelaskan kembali dalam pasal 17 ayat (2) “Bila ternyata perkawinan tidak disetujui oleh salah satu calon mempelai maka perkawinan itu tidak dapat dilangsungkan” Hendaknya masyarakat Desa Dekat Agung bagi pihak yang akan melakukan perkawinan, harus memilih pasangan yang sesuai dengan keinginan hati. Perkawinan yang barakah itu apabila perkawinan dilakukan oleh dua orang yang suka sama suka bukan dengan pemaksaan. Karena apabila dalam perkawinan mengandung unsur pemaksaan sulit untuk membina keluarga yang saki>nah mawaddah dan rah}mah. Hendaknya banyak mempertimbangkan dan lebih berhati-hati dalam melakukan pemakasaan dan memilih pasangan hidup karena ketika salah dalam memilih pasangan maka akan sulit untuk membentuk sebuah bahtera kehidupan rumah tangga yang kekal dan bahagia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, MohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Keywords: Kawin Paksa; Pemilihan Calon Pasangan; Hak Ijbar Wali
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Yusuf Moh.
Date Deposited: 29 Aug 2016 01:40
Last Modified: 29 Aug 2016 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item