Gramatical Cohesion in the Short Story “Tanya’s Reunion” Byvalarie Flournoy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Eriska Novita (2016) Gramatical Cohesion in the Short Story “Tanya’s Reunion” Byvalarie Flournoy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Bahasa merupakan suatu alat komunikasi. Hampir setiap hari manusia berkomunikasi dengan yang lainnya. Fungsi dari Bahasa itu sendiri adalah untuk memberikan informasi, menuangkan ide, membuat saran, dan banyak lainnya. Bahasa tidak hanya dengan ucapan tetapi juga secara tertulis. Kita dapat melihat diberbagai media seperti :majalah, koran, novel, cerita pendek, dan percakapan sehari – hari. Skripsi ini mendiskusikan tentang macam – macam dari grammatical cohesion dan mencari grammatical cohesion yang sering digunakan dalam cerita pendek “Tanya’s Reunion”. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk menyebutkan macam – macam grammatical cohesion dan menentukan bagian grammatical cohesion mana yang sering digunakan dalam cerita pendek “Tanya’s Reunion”. Peneliti membatasi lingkup studinya pada satu cerita pendek dari Valery Flournoy yaitu “Tanya’s Reunion”. Pada studi ini menggunakan teori dari Hasan dan Haliday. Teori ini merupakan ranah pembelajaran discourse dan grammatical cohesion dijelaskan di dalamnya. Pada studi ini juga menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti ingin mendapatkan pengertian yang lebih jelas atau detil dalam grammatical cohesion dan mendapatkan hasil dari grammatical cohesion mana yang lebih serng digunakan dalam cerita pendek tersebut. Peneliti membaca bukunya, menyortir semua cerita pendek yang ada dalam buku tersebut, memutuskan untuk memilih judul cerita pendek yakni “Tanya Reunion” oleh Valery Flournoy, mengumpulkan data, mengklasifikasikan data kedalam beberapa tipe grammatical cohesion, menganalisis data, menjelaskan dan menginterpretasikan semua kedalam grammatical cohesion yang digunakan dalam cerita pendek “Tanya’s Reunion” dan membuat kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari pertanyaan yang pertama adalah ada 13 jenis dari grammatical cohesion yaitu personal reference, demonstrative reference, comparative reference, nominal substitution, verbal substitution, clausal substitution, nominal ellipsis, verbal ellipsis, clausal ellipsis, additive conjunction, adversative conjunction, causal conjunction, and temporal conjunction. Kemudian hasil pertanyaan yang kedua adalah peneliti mendapatkan 69,95% yang terdiri dari 412 references. Kemudian 24,45% terdiri dari 144 conjuctions. Setelah itu 4,92% terdiri dari 29 ellipsis dan 0,68% terdiri dari 4 substitution.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Eriska Novitarahmaexcellent@gmail.comA83212158
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSwasono, Endratno Pilihendratno007@uinsby.ac.id/ endratno007@yahoo.co.id2007067102
Subjects: Bahasa Inggris
Fiksi
Manuskrip
Keywords: Language; grammatical cohesion; short story
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Rahma Eriska Novita
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:53
Last Modified: 26 Feb 2020 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13234

Actions (login required)

View Item View Item