PERAN PONDOK PESANTEREN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN DALAM MENDIDIK KEMAMPUAN ENTREPRENEUR SANTRI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofi, Mohamad (2014) PERAN PONDOK PESANTEREN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN DALAM MENDIDIK KEMAMPUAN ENTREPRENEUR SANTRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Di era modern persaingan terjadi disemua lini kehidupan termasuk dalam
dunia pendidikan. Lembaga pendidikan mulai menerapkan program
pengembangan kecakapan peserta didik supaya bisa berkompetisi di masyarakat.
Begitu juga dengan pondok pesantren yang mulai menerapkan dan
mengembangkan program yang mempunyai pengaruh terhadap kecakapan santri.
Ada beberapa pondok pesantren yang sudah menerapkan program tersebut dan
pondok pesantren Sunan Drajat adalah salah satunya. Pondo Pesantren sunan
Drajat menerapkan pendidikan entrepreneur atau wirausaha dengan tujuan untuk
mendidik dan mengembangkan kecakapan santri. Kecakapan yang diperoleh
santri diharapkan bisa diterapkan setelah terjun kemasyarakat nanti dan supaya
santri bisa hidup mandiri.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif dimana data dan informasi merupakan
representasi dari keadaan sebenarnya. Metode penelitian kualitatif ini bertujuan
untuk mendapatkan data dan informasi yang obyektif melalui teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada dua cara yang ditempuh
Pondok Pesantren Sunan Drajat dalam mendidik kemampuan entrepreneur santri.
Cara tersebut adalah melewati pendidikan dan praktik lapangan. Adapun dengan
cara pendidikan adalah dengan pengintegrasian kurikulum entrepreneur kedalam
sistem pendidikan formal. Hal ini diwujudkan kedalam bentuk sekolah yaitu SMK
NU Paciran, SMK Sunan Drajat. Sedangkan dalam bentuk pendidikan non formal
diwujudkan dalam bentuk seminar entrepreneur yang diselenggarakan oleh
pengurus pondok pesantren, pelatihan serta didapat dari pengajian KH. Abdul
Ghofur. Adapun dengan cara praktik lapangan merupakan strategi yang digunakan
untuk mempraktikan teori yang didapat oleh santri langsung di lapangan. Adapun
faktor penghambat dalam proses penerapan program ini antara lain : kurangnya
SDM, sarana prasarana yang belum memadahi, serta kesadaran santri yang masih kurang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Achmad Zaini
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofi, MohamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Pondok Pesantren; Mendidik; Entrepreneur; Pendidikan
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2015 05:28
Last Modified: 05 Mar 2015 05:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item