STUDI KOMPARASI ANTARA FATWA DSN MUI NOMOR: 75/DSN-MUI/VII/2009 DAN PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN RI NO.32/M-DAG/PER/8/2008 TERHADAP KEGIATAN USAHA PERDAGANGAN DENGAN SISTEM PENJUALAN LANGSUNG DI PT. DUTA NETWORK INDONESIA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Siti Muddiyo (2016) STUDI KOMPARASI ANTARA FATWA DSN MUI NOMOR: 75/DSN-MUI/VII/2009 DAN PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN RI NO.32/M-DAG/PER/8/2008 TERHADAP KEGIATAN USAHA PERDAGANGAN DENGAN SISTEM PENJUALAN LANGSUNG DI PT. DUTA NETWORK INDONESIA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana praktek penyelenggaraan kegiatan usaha perdagangan dengan sistem penjualan langsung di PT. Duta Network Indonesia dalam tinjauan Fatwa DSN MUI No. 75/DSN-MUI/VII/2009 dan Peraturan Menteri Perdagangan RI No. 32/M-DAG/PER/8/2008. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan komparatif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Studi kasus merupakan suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses, dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu, kelompok, atau situasi. Metode komparatif digunakan untuk membandingkan antara Fatwa DSN MUI dan Peraturan Menteri perdagangan yang harusnya dipilih salah satu untuk landasan kegiatan muamalah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan informan dalam penelitian ini yaitu konsumen, agency marketing, dan perwakilan dari PT. Duta Network Indonesia. Hasil penelitian yang diperoleh dalam Tinjauan Fatwa DSN-MUI No: 75/DSN-MUI/VII/2009 pada usaha perdagangan dengan sistem penjualan langsung di PT. Duta Network Indonesia berjalan sesuai dengan fatwa DSN MUI tersebut. Produk/jasa yang diperdagangkan adalah jelas/riil. Dalam pembagian bonus dilakukan secara adil, sesuai prestasi, hasil kerja, dan sesuai proporsi masing-masing member. Harga produk PT. Duta Network Indonesia masih layak, tidak terlalu mahal, tiap tahun pasti berubah, akan tetapi member PT. Duta Network Indonesia masih tetap bisa menjual dengan harga lebih murah dari konter-konter lain. Sedangkan jika dilihat dalam pemenuhan rukun dan syarat transaksi, di PT. Duta Network Indonesia telah memenuhi rukun dan syarat dalam bertransaksi sebagaimana yang telah ditentukan dalam hukum Islam. Adanya aqidain, obyek transaksi adalah halal, tidak ada transaksi yang mengandung riba dan money game sehingga tidak merugikan para anggota dan konsumen. Sedangkan tinjauan Permendagri No. 32/M-DAG/PER/8/2008 Pada usaha perdagangan dengan sistem penjualan langsung di PT. Duta Network Indonesia berjalan sesuai dengan aturan tersebut. Dalam mekanismenya, persyaratan kegiatan usaha perdagangan dengan sistem penjualan langsung sudah dipenuhi oleh perusahaan. PT. Duta Network Indonesia seperti memiliki identitas kantor yang jelas, memiliki legalitas yang jelas, baik perizinan atau bentuk kegiatan usahanya. Sejalan dengan kesimpulan di atas, para pelaku bisnis mempertahankan citra perusahaan yang merupakan kegiatan usaha perdagangan penjualan langsung harus selalu mengedepankan prinsip bisnis Islam, yang seseuai dengan Fatwa MUI dan Peraturan Menteri Perdagangan RI dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Siti Muddiyomuddiyaningsih18@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Muamalat Muamalah
Keywords: Sistem Penjualan Langsung
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ningsih Siti Muddiyo
Date Deposited: 26 Aug 2016 06:18
Last Modified: 26 Aug 2016 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13242

Actions (login required)

View Item View Item