Operasi plastik dengan tujuan kecantikan dalam Al-Qur`An: analisis penafsiran surah Al-Nisa' Ayat 119 menurut M. Quraish Shihab

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Amirotun (2016) Operasi plastik dengan tujuan kecantikan dalam Al-Qur`An: analisis penafsiran surah Al-Nisa' Ayat 119 menurut M. Quraish Shihab. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari sebuah kasus operasi plastik dengan tujuan kecantikan yang tidak diperbolehkan oleh banyak ulama dengan menggunakan dalil surah al-Nisa’ ayat 119, akan tetapi M. Quraish Shihab dalam menafsirkan surah al-Nisa’ ayat 119 menganggap bahwasannya tidak ada pelarangan melakukan operasi plastik dalam surah al-Nisa’ ayat 119. Serta terjadi perbedaan penafsiran dalam surah al-Nisa’ ayat 119 antara M. Quraish Shihab dengan Mufasir lain. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran M. Quraish Shihab dalam surah al-Nisa>’ ayat 119? 2) Bagaimana pendekatan M. Quraish Shihab dalam menafsirkan surah al-Nisa>’ ayat 119 tentang operasi plastik?
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan data penafsiran menurut beberapa mufasir, khususnya penafsiran M. Quraish Shihab, sebagai salah satu bentuk yang bisa menjadi wacana yang bervariasi bagi umat Islam terkait pengembangan tafsir sejak zaman dahulu hingga saat ini yang sudah banyak mengedepankan konteks tanpa mengabaikan kaidah-kaidah yang berlaku dalam ilmu tafsir itu sendiri, dengan menggunakan teori Munasabah. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan berdasarkan kepustakaan (library research) dengan menela’ah literatur terkait dengan topik. Sesuai dengan tujuan tersebut, data primer yang digunakan berasal dari penjelasan-penjelasan penafsiran oleh M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah, serta data sekunder yang berasal dari buku-buku yang relevan dengan penelitian ini di antaranya Fi Z{ilal al-Qur’an karya Sayyid Qut}b, Tafsir al- Marag}i, Tafsir al-Azhar dan Tafsir Ibnu Kathir. Sementara analisis dilakukan dengan mengunakan deskriptif dan content analisis. Yaitu menggambarkan dan menguraikan secara menyeluruh mengenai objek yang diteliti. Sedangkan analisis isi adalah metodologi dengan memanfaatkan sejumlah perangkat untuk menarik kesimpulan dari sebuah dokumen atau bahan pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa mufasir mempunyai pemahaman yang bervariasi terkait penafsiran surah al-Nisa’ ayat 119. Menurut M. Quraish Shihab pengubahan yang dimaksud adalah mengenai mengubah bentuk fisik binatang dengan cara menyakitinya, memperburuk bahkan tidak memfungsikannya dengan baik, serta melakukan semua itu atas dasar memenuhi ajaran setan. Pengertian mengubah ciptaan Allah yang dimaksud di sini juga termasuk mengebiri, homoseksual, lesbian serta praktik-praktik yang tidak sesuai dengan fitrah manusia. M. Quraish Shihab dalam menafsirkan surah al-Nisa’ ayat 119 menggunakan pendekatan ‘ulumul Qur’an yakni dengan menggunakan teori Munasabah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, AmirotunNamirotun@yahoo.comE03212045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSucipto, Mohammad Hadihadi_hz@uinsby.ac.id2010037502
Subjects: Tafsir
Keywords: Operasi Plastik;
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ni'mah Amirotun
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:57
Last Modified: 19 Dec 2019 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item View Item