Strategi komunikasi Women’s Crisis Center (WCC) Jombang dalam mewujudkan masyarakat adil gender (dalam tinjauan teori konstruktivisme Jesse Delia)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiyah, Lenny (2016) Strategi komunikasi Women’s Crisis Center (WCC) Jombang dalam mewujudkan masyarakat adil gender (dalam tinjauan teori konstruktivisme Jesse Delia). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Proses penelitian ini dibangun akan fenomena gunung es kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan yang mengundang keprihatinan. Isu akan kesetaraan gender dan realitasnya kekerasan, diskriminasi terhadap perempuan masih banyak terjadi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh Women’s Crisis Center (WCC) Jombang, dalam melaksanakan setiap program-programnya untuk membantu mewujudkan masyarakat adil gender. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan teori yang digunakan adalah Konstrutivisme Jesse Delia. Hasil penelitian ini strategi komunikasi WCC Jombang meliputi Strategi perencanaan komunikasi dilakukan identifikasi permasalahan, identifikasi khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, memilih dan menetapkan media serta pentingnya peranan komunikator. Tindakan Komunikasinya adalah menggunakan komunikasi membangun kepercayaan, komunikasi repetisi dan menggunakan opinion leader. Sementara itu evaluasi komunikasi dilakukan dengan evaluasi program (summative evaluation). Rekomendasi dari penelitian, bagi WCC Jombang lebih menguatkan strategi komunikasi melalui media. Pada media yang diproduksi sendiri seperti leaflet hendaknya menggunakan lebih banyak visualisasi yang menarik sehingga menambah ketertarikan pada khalayak untuk membaca isi dari media tersebut. Bagi individu yang terlibat dalam penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak serta isu-isu gender, agar dapat memperbaiki kemampuan komunikasinya dengan menyesuaikan tingkat komunikasinya dengan komunikan yang dihadapi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut mengenai permasalahan ini, yakni melakukan kajian kuantatif guna melakukan tes seberapa efektif strategi komunikasi yang dilakukan oleh WCC Jombang dalam menekan angka kekerasan terhadap perempuan di Jombang. Riset bisa dilakukan kuisioner dengan responden masyarakat Jombang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiyah, Lennyluthfiyah.lenny@yahoo.comB56212091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamidah, Lilikelham73iain@yahoo.com2017127301
Subjects: Gender
Ilmu Komunikasi
Keywords: Strategi; Komunikasi; Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: LUTHFIYAH LENNY
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:03
Last Modified: 29 Nov 2019 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13328

Actions (login required)

View Item View Item