DROPSHIPPING DALAM HADIS (STUDI HADIS LARANGAN MENJUAL BARANG YANG BUKAN MILIKNYA DALAM SUNAN TIRMIDHI NOMOR 1236)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khamidiyah, Nuralita (2016) DROPSHIPPING DALAM HADIS (STUDI HADIS LARANGAN MENJUAL BARANG YANG BUKAN MILIKNYA DALAM SUNAN TIRMIDHI NOMOR 1236). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (725kB) | Preview

Abstract

Dropship ialah menjual barang melalui internet dengan hanya bermodalkan foto dan spesifikasi produk. Pihak produsen atau grosir selaku supplier yang nantinya akan mengirim barang secara langsung pada pembeli. Asalnya yang dilakukan dropshipper adalah menjual barang yang bukan miliknya. Erwandi Tarmizi dalam bukunya Harta Haram Muamalat Kontemporer, mengharamkan dropship ini. Larangan tersebut berdasarkan hadis H{aki>m bin H{iza>m yang salah satunya terdapat dalam Sunan Tirmidhi> nomor 1236. Mengingat hukum Islam bukanlah hukum yang kaku, dan sesuai sepanjang zaman, maka penelitian ini dilakukan untuk mengkaji hadis tersebut lebih lanjut sebagai sarana memahami syariat dagang Islam dengan memahami makna hadis yang sesungguhnya.Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yakni mengenai: 1. Bagaimana kualitas hadis tentang larangan menjual barang yang bukan miliknya dalam kitab Sunan al-Tirmidhi> nomor 1236? 2. Bagaimana pemaknaan matan hadis tentang larangan menjual barang yang bukan miliknya dalam kitab Sunan al-Tirmidhi> nomor 1236? 3. Bagaimana aplikasi hadis tentang larangan menjual barang yang bukan miliknya dalam jual beli online sistem dropship?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas hadis tentang larangan jual beli barang yang bukan miliknya dalam kitab Sunan al-Tirmidhi>. Untuk mendeskripsikan pemaknaan hadis tentang larangan jual beli barang yang bukan miliknya dalam kitab Sunan al-Tirmidhi>. Dan untuk memahami aplikasi hadis larangan jual beli barang yang bukan miliknya dalam jual beli online sistem dropship yang marak pada jaman sekarang.Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan berdasarkan kepustakaan (library research) dengan pegumpulan data yang diperoleh dari kitab hadis Sembilan yang standar terutama Sunan al-Tirmidhi>. Kemudian dialkukan analisa dengan takhrij terhadap hadis yang diteliti, melakukan kritik sanad maupun matan, kemudian menganalisa sharh> hadis.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas hadis ini lemah dalam sanadnya namun s}ah}i>h} dalam matannya, dengan pendukung-pendukung lain maka hadis ini dinyatakan s}ah}i>h} li ghairih secara keseluruhan. Sementara maksud dari barang yang bukan miliknya merupakan pengertian umum, sementara pengertian khususnya ialah barang yang tidak dalam kuasa dan wewenang penjual, sementara bai’ al-salam dikecualikan dalam hadis ini, meski dalam salam barang belum dimiliki penjual. Setelah dianilis ternyata dropship tidak berbeda dengan salam apabila pembayaran dilakukan tunai di muka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khamidiyah, NuralitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Muamalat Muamalah
Hadis
Keywords: Dropshipping Hadist
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Khamidiyah Nuralita
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:56
Last Modified: 29 Aug 2016 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13330

Actions (login required)

View Item View Item