Peningkatan kemampuan menghitung Matematika materi Operasi Hitung Campuran menggunakan media konkret Koin Warna pada siswa Kelas II MI al Hidayah Sawotratap

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Okta Khurnia (2016) Peningkatan kemampuan menghitung Matematika materi Operasi Hitung Campuran menggunakan media konkret Koin Warna pada siswa Kelas II MI al Hidayah Sawotratap. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Okta Khurnia Wahyuni D77212087 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran di kelas II MI Al-Hidayah Sawotratab mengalami beberapa hal yang membuat siswa-siswi belum menguasai materi dan belum mencapai kreteria ketuntasan kemampuan menghitung, khususnya pada materi operasi hitung campuran. Kurangnya referensi sumber belajar dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran menjadi faktor kurang tersampainya materi ajar pada siswa. Dibuktikan dari 40 siswa kelas II, rata-rata siswa yang sudah mencapai ketuntasan kemampuan menghitung hanya sebanyak 47.5% dari keseluruhan siswa. Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah: bagaimana penerapan Media Konkret Koin Warna dalam meningkatkan kemampuan menghitung dan bagaimana peningkatan kemampuan menghitung, pada pelajaran matematika materi hitung campuran di kelas II MI Al-Hidayah Sawotratap dengan menggunakan Media Konkret Koin Warna. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan Media Konkret Koin Warna dalam meningkatkan kemampuan menghitung dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menghitung, pada pembelajaran matematika materi operasi hitung campuran di kelas II MI Al-Hidayah Sawotratap dengan menggunakan Media Konkret Koin Warna. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penilaian tes tulis. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2016, siklus II pada tanggal 01 Maret 2016, dan siklus III dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2016. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap aspeknya dan dikatakan berhasil karena telah memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan peneliti sebelumnya. Pada prosentase ketuntasan kemampuan menghitung campuran kelas, siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 76%, dan Siklus III 89%. Nilai aktivitas siswa siklus I sebesar 73,3, siklus II sebesar 84 dan siklus III sebesar 86. Untuk aktivitas guru siklus I sebesar 78, siklus II sebesar 87,5 dan siklus III sebesar 87,5.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Okta Khurnian114.wahyu@gmail.comD77212087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyuniati, WahyuniatiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Kemampuan menghitung; Operasi Hitung Campuran; media konkret Koin Warna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arifandi Nur Qolbi
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:23
Last Modified: 03 Aug 2023 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13340

Actions (login required)

View Item View Item