Peningkatan keterampilan menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Pengumuman melalui model TTW (Think, Talk, dan Write) di Kelas IV MI Al Ibrohimi Konang Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saadah, Lailatus (2016) Peningkatan keterampilan menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Pengumuman melalui model TTW (Think, Talk, dan Write) di Kelas IV MI Al Ibrohimi Konang Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatus Saadah D77212084 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan terhadap rendahnya keterampilan menulis siswa kelas IV MI AL-Ibrohimi Konang Bangkalan yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang kurang menarik. Nilai rata-rata kelas adalah 63. Sedangkan untuk KKM adalah 75. Terdapat sekitar 6 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM, dan sisanya sekitar 9 siswa mendapaatkan nilai dibawah KKM. Faktor yang menyebabkan rendahnya nilai siswa adalah Rendahnya minat siswa dalam belajar, rendahnya pemahaman lewat tulisan, sulitnya menyatukan ide, kurangnya dorongan atau motivasi dari keluarga. Sehingga peneliti ingin memberikan solusi untuk masalah ini yaitu dengan memberikan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write). Rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana keterampilan menulis siswa dalam menulis pengumuman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Al-Ibrohimi Konang Bangkalan sebelum diterapkan model pembelajaran TTW?. 2) Bagaimana penerapan Model pembelajaran TTW dalam keterampilan menulis siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Al-Ibrohimi Konang Bangkalan ?. 3) Bagaimana peningkatan keterampilan menulis siswa sesudah menggunakan Model pembelajaran TTW Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Al-Ibrohimi Konang Bangkalan ? Metode penelitian yang digunakan ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin. PTK ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus presentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian dengan nilai rata-rata: (1) Kemampuan menulis siswa sebelum diterapkan model TTW masih rendah. (2) Penerapan model TTW untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa telah dilaksanakan dengan cukup baik. Dapat dilihat dari hasil siklus I 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 80%. Dan hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 70,8 lalu mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 86,4. (3) Terdapat peningkatan keterampilan menulis Bahasa Indonesia pada siswa, yaitu dilihat pada ketuntasan belajar pada Siklus I sebesar 60%, meningkat sebesar 80% pada Siklus II. Untuk nilai rata-rata kelas pada Siklus I sebesar 74,3. Lalu meningkat menjadi 84 pada Siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saadah, Lailatusailqhakim@gmail.comD77212084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlfin, JauharotiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Menulis pengumuman; model pembelajaran TTW; Think; Talk; Write; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saadah Lailatus
Date Deposited: 29 Aug 2016 04:26
Last Modified: 31 Jul 2023 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item