LAYANAN BIMBINGAN KARIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 8 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Waris, Abdul (2016) LAYANAN BIMBINGAN KARIR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 8 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah masyarakat yang masih belum bisa menerima dan belum bisa percaya kemampuan dari anak berkebutuhan khusus, dan selain itu hanya beberapa sekolah formal baik negeri maupun swasta yang masih menerima anak berkebutuhan khusus untuk bisa belajar dan bersosialisasi dengan siswa regular, dan perusahaan atau industry yang masih belum banyak menerima karyawan anak berkebutuhan khusus. Dari beberapa permaslahan tersebut peneliti mencoba mencari solusi di salah satu sekolah kejuruan yang menerima anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama dengan anak normal, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan karir yang ada di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, dan untuk pengumpulan data terkait dengan anak berkebutuhan khusus menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian akan dianalisis serta diverifikasi untuk memperoleh kesimpulan. Penelitian ini berlokasikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Surabaya, meneurut informasi SMK Negeri 8 Surabaya merupakan salah satu sekolah yang menerima anak berkebtuhan khusus. Dari hasil temuan di SMK Negeri 8 Surabaya, bahwasanya 1) peran guru BK untuk penanganan anak berkebutuhan khusus dibantu oleh guru pendamping khusus. 2) layanan bimbingan karir di SMK Negeri 8 Surabaya ialah bekerja sama dengan instansi luar, seperti hotel, salon kecantikan dan tatabusana. 3) faktor pendukung guru pendamping adalah semangat orang tua dalam mendampingi dan mendukung kegiatan dari sekolah, faktor penghambatnya adalah komunikasi dan pendampingan ketika praktek. 4) anak berkebutuhan khusus lulusan SMK Negeri 8 Surabaya ada yang keterima bekerja di suatu salon kecantikan dan mendapatkan beasiswa untuk mengembangkan karir, selain itu ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau perguruan tinggi, seperti universitas adi buana surabaya, sekolah tinggi ilmu komunikasi surabaya dan sebagianya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Waris, Abdulwariezdasilva@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan
Keywords: Karir; anak berkebutuhan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: waris abdul
Date Deposited: 29 Aug 2016 06:54
Last Modified: 29 Aug 2016 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13408

Actions (login required)

View Item View Item