Pendidikan Agama Pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an : Kajian Tafsir Quraish Shihab, Ibn Kathir, dan Sayyid Quthb Terhadap Surah Al-Baqarah: 132, An-Nahl: 78, dan Luqman: 12 dan 14

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dwi Putri Jayanti, Hepi (2016) Pendidikan Agama Pada Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an : Kajian Tafsir Quraish Shihab, Ibn Kathir, dan Sayyid Quthb Terhadap Surah Al-Baqarah: 132, An-Nahl: 78, dan Luqman: 12 dan 14. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pada rentang usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden age), yang merupakan masa dimana anak mulai peka untuk menerima berbagai rangsangan. Pada masa ini anak-anak sangat terpengaruh pada perkembangan kepribadian masa dewasa seseorang. Karena pada masa ini, anak mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Untuk itu perlu diberi rangsangan agar potensi anak berkembang secara optimal. Salah satunya pendidikan anak usia dini. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah:(1).Bagaimana pendidikan agama pada anak usia dini perspektif al-Qur’an versi Penafsiran Quraish Shihab, Ibnu Kathir, dan Sayyid Qutbh?2).Bagaimana upaya pemberdayaan pendidikan agama pada anak usia dini perspektif al-Qur’an versi penafsiran Quraish Shihab, Ibnu Kathir, dan Sayyid Qutbh ?
Tujuan dalam penelitian ini sesuai dengan ajaran al-Qur’an ialah Untuk mengetahui tentang pendidikan agama pada anak usia dini lewat, al-Qur’an Untuk mengetahui upaya pemberdayaan pendidikan agama pada anak usia dini lewat al-Qur’an. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan berdasarkan kepustakaan (library research) dengan menela’ah literatur terkait dengan topik. Sesuai dengan tujuan tersebut, data primer yang digunakan berasal dari penjelasan-penjelasan penafsiran oleh M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah, Fi> Z{ila>l al-Qur’a>n karya Sayyid Qut}b, dan Tafsir Ibnu katsir, karya Ibn Kathi>r, serta data sekunder yang berasal dari buku-buku yang relevan dengan penelitian ini di antaranya; Nalar Pendidikan al-Qur’an, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan al-Qur’an. Sementara analisis dilakukan dengan mengunakan deskriptif dan content analisis. Yaitu menggambarkan dan menguraikan secara menyeluruh mengenai objek yang diteliti. Sedangkan analisis isi adalah metodologi dengan memanfaatkan sejumlah perangkat untuk menarik kesimpulan dari sebuah dokumen atau bahan pustaka. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa selain pembentukan sikap dan perilaku terbaik anak memerlukan pula kemampuan intelektual agar anak siap menghadapi tuntutan masa kini dan masa datang. Maka dari itu anak memerlukan penguasaan berbagai kemampuan dasar agar anak siap dan dapat menyesuaikan diri dalam setiap segi kehidupanya. Sehubungan dengan itu maka progam pendidikan anak usia dini dapat mencakup bidang pembentukan sikap dan pengembangan kemampuan dasar yang keseluruhanya berguna untuk mewujudkan manusia indonesia yang mampu berdiri sendiri bertanggung jawab dan mempunyai bekal untuk memasuki pendidikan selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dwi Putri Jayanti, Hepihepiloveyou@yahoo.co.idE73212104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasan, Muzayyanah Mutashim--
Subjects: Tafsir
Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Dwi Putri Jayanti Hepi
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:30
Last Modified: 12 Nov 2019 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13434

Actions (login required)

View Item View Item