PENERAPAN METODE RESITASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V MI SUNAN GIRI REJOSARI SUMBERAME WRINGINANOM GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suharnik, Suharnik (2014) PENERAPAN METODE RESITASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V MI SUNAN GIRI REJOSARI SUMBERAME WRINGINANOM GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Melihat rendahnya pemahaman siswa dalam pembelajaran Matematika terutama pada materi bangun datar siswa kelas V MI Sunan Giri Rejosari Sumberame Wringinanom Gresik.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika di MI Sunan Giri Rejosari Sumberame Wringinanom Gresik. Penelitian ini pada siswa kelas V yang terdiri dari 26 siswa tahun ajaran 2013/2014. Adapun prosedur tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menerapkan metode resitasi dengan model pembelajaran berdasarkan masalah secara klasikal meningkat, pada siklus I sebesar 61,54% dan siklus II sebesar 80,77%. Selain itu dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, pada siklus I sebesar 85% dan pada siklus II sebesar 88,75%. Sedangkan peningkatan yang terjadi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 78,75% dan pada siklus II sebesar 93,75%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode resitasi model PBL dapat meningkatkan pemahaman pada pembelajaran matematika siswa di MI Sunan Giri Rejosari Sumberame Wringinanom Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Arbaiyah YS.
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suharnik, SuharnikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Resitasi Model PBL; Bangun Datar; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2015 02:00
Last Modified: 10 Mar 2015 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1366

Actions (login required)

View Item View Item