HANDPHONE DAN PERUBAHAN POLA INTERAKSI (STUDI KASUS DI MASYARAKAT KELURAHAN JEMUR WONOSARI KOTA SURABAYA)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istiqomah, Laily (2016) HANDPHONE DAN PERUBAHAN POLA INTERAKSI (STUDI KASUS DI MASYARAKAT KELURAHAN JEMUR WONOSARI KOTA SURABAYA). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini hanyalah satu yakni dampak dari penggunaan handphone. Namun dari satu rumusan masalah tersebut terdapat sebuah sub pembahasan di dalamnya, antara lain pembahasan mengenai perubahan pola interaksi, dan mengapa terjadinya perubahan pola interaksi setelah menggunakan handphone bagi masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam melihat fenomena yang terjadi pada masyarakat Wonocolo Kelurahan Jemur Wonosari di Kota Surabaya ini adalah teori interaksionisme simbolik, tokohdariteoriini adalah GeorgeHerbert Mead. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa; (1) Dampak dari penggunaan handphone dan perubahan pola interaksi di kalangan masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari Kota Surabaya. Dari kondisi tersebut menunjukkan bahwa mereka lebih sering mengoperasikan handphonenya ketika sedang berinteraksi dengan interaksi, sehingga lawan bicaranya merasa risih, kesal, jengkel, merasa tidak diperhatikan, merasadiabaikan,maupun merasatidak dihormati. (2) Terjadi perubahan pola interaksi setelah menggunakan handphone bagi masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari kota Surabaya: Karena sebelum adanya handphone pola interaksi di Masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari masih sangat baik, mereka saling berinteraksi, bersosialisasi, dan bertatap muka secara langsung. Sehingga hubungan diantara mereka tetap erat dan terjaga dengan baik. Tetapi setelah teknologi itu semakin lama semakin canggih, maka handphone pun sudah mulai masuk di lingkungan masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari. Sehingga sebagian masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari sudah memiliki handphone dan lambat laun masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari semuanya sudah memiliki handphone hingga sekarang. Sehingga pola interaksi pun menjadi berubah setelah adanya penggunaan handphone di kalangan masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari. Dapat kita simpulkan bahwa terjadinya perubahan pola interaksi setetlah adanya keberadaan handphone yang telah masuk ke dalam lingkungan masyarakat Kelurahan Jemur Wonosari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istiqomah, LailyIstiqomahLaily21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Keywords: Handphone; Perubahan Pola Interkasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Istiqomah Laily
Date Deposited: 30 Aug 2016 03:39
Last Modified: 30 Aug 2016 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/13695

Actions (login required)

View Item View Item